Empat Makul PBSID Dimajukan

2
239

Pabelan-online.com, UMS – Ada kebijakan baru Progdi PBSID, Empat Mata Kuliah (Makul) pilihan yang sebelumnya ada disemester enam dimajukan untuk diambil pada semester lima. Mahasiswa diharapkan bisa berkonsentrasi pada penelitian di semester akhir.

Keempat mata kuliah pilihan tersebut adalah penyiaran, penyuntingan, jurnalistik, dan pewara. Pengambilan kebijakan tersebut berdasarkan rapat dewan dosen yang menghadirkan praktisi dari RRI, 3 Serangkai, Solopos dan ketua program bahasa daerah UNS.

”Sebenarnya pola pikirnya adalah agar mahasiswa di semester akhir  tinggal memikirkan penelitian saja, dengan demikian masa studinya bisa lebih cepat.  Selain itu kami juga mempertimbangkan mahasiswa semester 5 sudah dianggap matang dalam menggeluti bidang profesi,” terang Ketua Progdi PBSID, Agus Budi Wahyudi, Selasa (26/7/2011).

Kaprogdi PBSID berharap dengan pengambilan kebijakan ini, kualitas sarjana pendidikan PBSID meningkat, masa studinya bisa tercapai tepat waktu. “Selain itu kami juga berharap supaya lulusan PBSID punya bekal kompetensi yang kompetitif,” jelasnya.

Kebijakan tersebut menurutnya diputuskan karena adanya masukan dari mahasiswa yang mengusulkanya dalam dialog beberapa waktu lalu dan mengakomodasi dari berbagai sumber. Ia mengungkapkan bahwa sosialisasinya langsung kepada seluruh mahasiswa semester 4 dan dosen.

Mahasiswa PBSID semester 4, Muriyani, kurang setuju terhadap kebijakan tersebut karena menurutnya penerapan mata kuliah pilihan pada semester 5 masih terlalu dini, sehingga belum ada persiapan yang matang untuk memantapkan pilihan tersebut.

“Sosialisasinya juga kurang merata, karena pengumumannya mendadak dan pihak atasan tidak menjelaskan secara rinci mengenai mata kuliah pilihan tersebut, apa manfaatnya dan bagaimana proses pendaftaranya,” imbuh Muriyani, (27/7). (Puspa)

Comments are closed.