Nuansa Malam Hari Perpustakaan UMS

0
262

Pabelan-Online.com, UMS – Waktu menunjukan pukul 19.30 WIB. Perpustakaan UMS masih aktif dengan kegiatan mahasiswa, rata-rata mereka menghabiskan waktu dengan berdiskusi dan menjelajahi dunia maya. Beberapa mahasiswa juga terlihat asyik menikmati buku bacaanya.

Terlihat beberapa sepeda motor terparkir di bawah pohon depan perpustakaan UMS. Taman yang berada di depan perpustakaan terlihat begitu gelap. Hanya biasan cahaya lampu perpustakaan yang sedikit menerangi taman sekaligus sepeda motor yang terparkir.

Seperti itulah gambaran suasana luar dan dalam gedung perpustakaan UMS, Selasa (18/10/2011) malam. Selain itu, terlihat dua orang karyawan yang sibuk dengan komputernya. Sambil tersenyum mereka menganggukan kepalannya. “Ini mas kartunya sudah jadi,” ucap Edi Susilo selaku petugas administrasi kartu perpus kepada seorang mahasiswa yang sedang membuat kartu perpustakaan.

Sayang, suasana tidak seramai di siang hari. Loker kayu berwarna coklat tua sepertinya harus sabar menunggu tas-tas pengunjung mengisinya. Hanya beberapa loker yang kenyang terisi tas mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan perpustakaan hanya membuka lantai satu untuk jam malam. “Jika animo pengunjung semakin tinggi, kemungkinan lantai 2 dan tiga akan dibuka,” papar Edi.

Petugas Administrasi kartu perpus itu mengungkapkan jika saat ini perpustakaan masih kekurangan tenaga khususnya untuk malam hari. “Termasuk untuk pelayanan peminjaman buku. Namun, jika sekedar mengembalikan buku kami masih bisa melayani,” kata Edi.

Salah satu pengunjung, Muhammad Nor Fuadi menyayangkan kebijakan perpustakaan yang membuka jam malam hanya di lantai satu saja. “Sebenarnya banyak pengunjung yang ingin membaca dan meminjam buku di lantai 2,” tutupnya, selasa (18/10/2011).(Wisnu)