BEM FH Diduga Lakukan Korupsi

0
870

Pabelan-online.com, UMS – Kongres Senat Fakultas Hukum yang berlangsung di hall Fakultas Hukum (FH), Kamis (29/30/2011) berlangsung sangat ketat dan panas. Keadaan mulai memanas ketika peserta kongres melihat ada indikasi korupsi di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH UMS.

Pada laporan pertanggungjawaban BEM FH UMS, peserta kongres menemukan beberapa kecurangan dan penyalahgunaan uang. Terdapat banyak kesalahan pada laporan keuangan di BEM FH.

Salah satu peserta kongres yang tidak mau disebut namanya, mengatakan bahwa banyak laporan keuangan pada BEM FH yang tidak jelas dan kurang transparan. “Saya sebagai mahasiswa umum banyak sekali terjadi kecurangan-kecurangan yang dilakukan BEM FH,”  ungkapnya, Jumat (30/12/2011).

Dia mengatakan salah satu indikasi korupsi terdapat pada dana Program Pengenalan Akademik (PPA). Selain itu banyak juga Surat Keputusan (SK) dari kabinet BEM FH yang kurang lengkap dan banyak ketidakjelasan pada laporan prtanggungjawaban BEM FH. “Alangkah lucunya yang namanya kredit yang seharusnya pengeluaran itu dimasukkan pemasukan dan debit yang seharusnya pemasukan itu dijadikan pengeluaran,” tambahnya.

Indikasi korupsi tersebut semakin terlihat ketika mahasiswa umum tidak diberi hak bicara saat kongres berlangsung. “Ini sangat disayangkan sekali sebagai mahasiswa umum. Katanya transparansi dan pertanggungjawaban langsung kepada mahasiswa. Percuma kalau ini kongres ini dilaksanakan di hall,” paparnya.

Terpisah, Presiden BEM FH UMS, Ardiansyah Asmaradina membatah adanya indikasi korupsi yang terjadi di BEM FH. Menurutnya semua dana sudah di plot untuk masing-masing UKM yang ada di UMS. Menurutnya dana yang di dapat BEM FH sudah di plot oleh rektorat. “Ketika kita mau korupsi jatah kita dan lain sebagainya itu seperti  apa kita tidak dapat menjelaskan,” akunya, Jumat, (30/12/2011).

Asmaradina juga mengatakan bahwa pihak sudah melakukan transparansi di dalam kongres. “Seolah-olah kita sudah benar tapi disalahkan. Kita sudah menjelaskan apa adanya tapi tetap dicari kesalahan-kesalahan,” jelasnya.

Wakil Presiden FH, Mahendra, juga mengatakan bahwa setiap kegiatan BEM dan keuangan BEM sudah di transparasikan oleh BEM FH. “Itu sudah jelas semua dan terangkum dala laporan pertanggungjawaban  BEM FH,” tutupnya Jumat, (30/12/2011). (Wisnu)