Biaya Praktikum TI Turun 50%

0
62

Reporter : Wisnu

Pabelan-online.com, UMS-Upaya Himpunan Mahasiswa teknik Informatika (Himatif) bersama mahasiswa Teknik Informatika (TI) untuk menurunkan biaya praktikum berhasil diturunkan. Biaya praktikum yang semula sebesar seratus ribu rupiah kini turun lima puluh persen menjadi lima puluh ribu rupiah.

Ketua Himatif, Agus Rianto mengatakan bahwa diturunkannya uang praktikum menjadi lima puluh ribu sudah disetujui oleh fakultas mau pun rektorat. “Ini sudah fix semua, sudah disetujui oleh wakil rektor 2 dan jurusan,”kata agus ,Rabu (5/412).

Alasan Himatif melakukan upaya untuk menurunkan biaya praktikum dikarenakan adanya perubahan sistem pembayaran SPP di tahun 2010. Dimana sistem pembayaran berubah dari sistem Paket ke SKS murni.“Di dalam mata kuliah praktikum kita sudah membayar SKS, misalnya 2 SKS, tapi kenapa masih membayar uang praktikum, itu alasannya kami minta uang praktik diturunkan,” tambah Agus.

Dari empat kali audiensi, Ia mengatakan bahwa dari jurusan (TI) sudah memberikan pilihan opsi untuk penurunan uang praktikum. Jurusan sudah memberikan opsi uang praktikum turun menjadi tujuh puluh lima ribu. “Biaya itu digunakan untuk biaya perawatan dan akomodasi peralatan praktik,” ujar Agus.

Kemudian, lanjutnya, opsi tersebut diajukan kepada wakil rektor 2, bambang Sumarjoko. Namun daru Universitas ternyata sudah mensubsidi uang praktikum sebesar dua puluh lima ribu, sehingga uang praktikum turun menjadi lima puluh ribu rupiah. Dengan turunnya uang praktikum ini, Agus bersama teman-temannya mengaku senang atas upaya yang dilakukannya.“Alahmdulillah sudah turun, ini lebih baik dari yang sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu kepala laboratorium teknik Informatika, Yusuf Sulistiyo N membenarkan tentang turunnya uang praktikum. Dia juga membenarkan bahwa sebelumnya pihaknya menawarkan uang praktikum sebesar tujuh puluh lima ribu.“Namun ternyata untuk biaya perawatan di cover atau disubsidi dari universitas langsung, jadi turunnya menjadi lima puluh ribu,” katanya, kamis (5/4/12).

Ia menambahkan bahwa turunnya uang praktikum bisa dimulai untuk semester ini  untuk semua angkatan. Sementara bagi mahasiswa yang sudah membayar uang praktikum akan dikembalikan sisanya.“Untuk mengambil kembaliannya mahasiswa harus menunjukkan bukti pembayaran ke universitas, kemudian sisanya bisa di ambil,” tutupnya.

Editor : AQS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here