Satu-Satunya Perwakilan UMS yang Masuk PIMNas

0
237

Reporter : Eria Winda

UMS-Berawal dari sebuah gagasan yang terlintas oleh ketua tim pada Program Kreatifitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM KC) kali ini pada akhirnya telah membawa teman untuk berhasil lolos hingga tingkat Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNas). Tim PKM KC dari Teknik Elektro ini diketuai oleh Ady Bangun dan beranggotakan Tarmuji, Saleh Syahmi, dan Andik Trianto.

Saleh selaku salah satu anggota dari tim PKM mengungkapkan pada keberhasilan ini menurutnya, dipengaruhi oleh banyak pihak. Ia beralasan, perbedaan lah yang menjadikan tim mereka menjadi lebih sukses dibandingkan dengan yang lain. Hal tersebut dikarenakan tim ini terbentuk tidak hanya dari mahasiswa, namun turut mengundang yang lain.”Jadi gak cuma 1 pmikiran, kan ada yg sudah kerja, ada yang mau wisuda dan ada juga yang masih mahasiswa” ungkapnya, Kamis (13/8).

Tim PKM Teknik Elektro menghasilkan aplikasi terobosan baru yang dapat mentransfer tulisan maupun suara pada led matric, terlebih untuk media promosi maupun informasi selama ini hanya mengandalkan flashdisk maupun kabel data. “kalo mau ganti tulisan kan harus pake flashdisk atau kabel data, dengan aplikasi ini lbih mudah” jelas Andik Trianto, Kamis (13/8).

Mereka menambahkan bahwa semua tipe smartphone dapat mengunduh aplikasi  dengan nama “Arduino Led Matriks” agar dapat mentransfer tulisan dengan radius maksimal 16 meter.”jadi kalau mau ganti tulisan diatas ngga perlu manjat lagi,” ungkapnya.

Mereka turut memberikan terima kasih untuk ditujukan kepada pembina PKM Hasyim Asyari dan Arifin dosen Bahasa Indonesia.”Buat temen-temen jangan pesimis, kalo ngerjain PKM ga usah dibuat serius dalam arti, sampingan yang menyenangkan” tutupnya.

Editor : [AMF]