wow, UMS Masuk Daftar PTS Terkeren di Indonesia

0
573

Banyaknya universitas negeri yang ada di Indonesia, nyatanya tidak membuat universitas swasta ciut nyali untuk menunjukkan taringnya di kancah nasional maupun internasional. Tidak jarang pula universitas swasta yang terkadang dipandang sebelah mata dapat memberikan kontribusi lebih baik dibandingkan universitas-universitas negeri yang ada. Dikutip dari pizna.com Jumat (9/10/2015) terdapat 12 universitas swasta yang diakui memiliki grade baik.

Berikut ini adalah daftar 12 universitas swasta terkeren versi pizna.com

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma mulai berdiri sebagai Pusat Pendidikan Ilmu Komputer pada 7 Agustus 1981. Saat ini Universitas Gunadarma memiliki enam fakultas: Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Industri, Ekonomi, Teknik Sipil dan Perencanaan, Psikologi, dan Sastra.

Berbagai prestasi berhasil diperoleh oleh mahasiswa dari Universitas Gunadarma baik di bidang pendidikan, olahraga, maupun bidang seni. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa-mahasiswa Universitas Gunadarma mampu bersaing dengan universitas-universitas ternama di Indonesia.

Universitas Kristen Petra 

Universitas   dengan misi “World Class University” ini memiliki 7 fakultas, dan 25 program dan program studi. Kampus yang berlokasi di Surabaya ini juga dikenal memiliki reputasi yang membanggakan di bidang jumlah publikasi ilmiah. Selain itu, universitas ini juga menjadi 1 diantara 3 universitas di Surabaya yang mendapat akreditasi institusi A.

 Universitas Islam Indonesia

UII, kampus swasta kebanggan warga Jogjakarta pada awalnya hanya memiliki empat fakultas, yaitu: Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi, yang mulai beroperasi pada Juni 1948.

Kini UII memiliki delapan fakultas dengan berbagai lima program diploma tiga. Dua puluh dua program sarjana, tiga program profesi, delapan program master, dan tiga program doktor serta lembaga-lembaga pendukung.

Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kampus yang berlokasi di Banten ini didirikan James Riady (Lippo Group) dan Johannes Oentoro pada Mei 1994. Hanya dalam setahun, ada perkembangan pesat dalam infrastruktur kampus. Tahun 1995 semua perkuliahan dipindahkan ke UPH Tower. Pada tahun ini pula, Yayasan Pelita Harapan membuka Akademi Pariwisata Pelita Harapan.

Tidak hanya itu, UPH juga dikenal sebagai pelopor smart card. Jauh sebelum program kartu cerdas ini dijadikan program pemerintah. Kampus-kampus negeri ternama pun belum menerapkan teknologi semasif ini pada infrastrukturnya.

Universitas Bina Nusantara/Binus

Berdiri pada 21 Oktober 1974, Binus telah berkembang menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, yang menawarkan program studi mulai dari D3 hingga S3.

 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/UMY

Universitas yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di luar negeri, meliputi Korea University, Universiti Sains Malaysia, Flinders University.

Universitas Mercu Buana/UMB 

Universitas yang didirikan oleh pengusaha H. Probosutedjo ini resmi beroperasi sejak 1985. Saat ini UMB memiliki 11 fakultas, termasuk program D3, S1, dan profesi.

Universitas Muhammadiyah Malang/UMM

Universitas yang berlokasi di Kota Apel ini, sampai saat ini telah memiliki 26.171 mahasiswa, yang mayoritas merupakan mahasiswa sarjana. Universitas ini juga memiliki 96 mahasiswa asing, dengan total 48 jurusan, termasuk 2 program doktor, 7 pascasarjana, dan 34 jurusan S1.

Universitas Telkom

Universitas Telkom merupakan sekolah tinggi informasi terbaik di Indonesia. Universitas ini berdiri pada 31 Agustus 2013, sebagai gabungan dari empat entitas perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT); Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, STISI Telkom, dan Politeknik Telkom.

Universitas Muhammadiyah Surakarta/UMS

Universitas Muhammadiyah Surakarta saat ini memiliki 11 Fakultas, 44 Program Studi Diploma sampai Doktoral, 2 Program Double Degree International, 8 Program Kelas Internasional, 4 Twinning Program dan 4 Program Profesi, serta memiliki 23.357 mahasiswa diploma dan strata 1, dan 4.211 mahasiswa pascasarjana.

Prasetiya Mulya Business School 

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya adalah institusi pendidikan yang menawarkan program pendidikan gelar dan pelatihan di bidang bisnis dan manajemen sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan komunitas bisnis dan kompetensi pelaku bisnis di Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prasetiya Mulya atau lebih dikenal dengan Prasetiya Mulya Business School didirikan oleh 70 pengusaha nasional di bawah Yayasan Prasetiya Mulya pada tanggal 6 September 1982, dengan ketua yayasan saat ini Prof. Dr. Djisman S. Simanjuntak. Nama Prasetiya Mulya sendiri terinspirasi oleh bahasa Sansekerta yang berarti “janji mulia”
Saat ini, Prasetiya Mulya Business School  memiliki 4 jurusan yaitu Jurusan Business, Jurusan Marketing, Jurusan Finance, serta Jurusan Accounting.

STMIK AMIKOM Yogyakarta 

STMIK AMIKOM Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Yogyakarta. Perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 11 Oktober 1994.

Tau ga, STMIK AMIKOM Yogyakarta ini juga telah mencatatkan prestasinya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kampus Ungu yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, ini meraih predikat sebagai penyelenggara pameran karya bidang teknologi informasi dengan jenis terbanyak yaitu 160 unit.

Selain prestasi di atas, AMIKOM juga dinominasikan meraih 10 predikat baik yang bersifat personal maupun lembaga. Adapun tiga predikat kelembagaan yang dinominasikan adalah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi percontohan UNESCO, sekolah tinggi dengan jumlah mahasiswa terbanyak yakni 10.897 orang, dan satu-satunya kampus berbasis information and communication technologies (ICT), dan entrepreneur.

Sumber : www.pizna.com