HomeKampusPuncak Milad IMM Hadirkan Pesan Lewat Musikalisasi Puisi

Puncak Milad IMM Hadirkan Pesan Lewat Musikalisasi Puisi

Puncak Milad IMM Hadirkan Pesan Lewat Musikalisasi Puisi

UMS, Pabelan-Online.com – Teater Wejang menghadirkan sebuah performance yang terinspirasi dari terkikisnya nilai pengabdian anak terhadap orang tua pada malam puncak Milad IMM, Kamis (24/3/2016). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tersebut mengemasnya dalam sebuah pertunjukkan musikalisasi puisi.

Yasin, selaku konseptor menjelaskan, kutipan sajak “Engkau adalah Bumi, Mama” karya W.S Rendra yang dikolaborasikan dengan tari yang diiringi musik tersebut, tersirat  sebuah pesan yang disampaikan kepada khayalak umum terutama anak perantau. Kutipan sajak tersebut menggambarkan bahwa permintaan restu kepada ibu ketika  hendak merantau menjadi nilai luhur yang harus dipahami bersama.  “Ibu adalah segala-galanya bagi kita, walaupun ibu telah tiada, sosok seorang ibu tidak akan tergantikan,” jelasnya, Kamis (24/3/2016)

Ia menilai pengabdian anak rantau terhadap ibu semakin luntur. Bentuk pegabdian kecil tersebut sudah tak lagi digelorakan oleh sebagian besar anak perantau. “Sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam musikalisasi puisi dan tari ini, banyak anak yang kedekatan dengan orang tua sangat jarang,” jelas Yasin.

Sementara Titis Alycia Milda dan Yunia Astuti selaku penari menambahkan interpertasi yang sama terhadap gerakan tariannya. Tari tersebut menggambarkan proses seorang anak meminta restu kepada orang tua ketika merantau. “Kami hanya mengolaborasikan pesan yang disampaikan lewat puisi dan tari, sehingga penyimak sedikit tidaknya mendapat gambaran yang dimaksud oleh sajak dan gerakan tari,” tutupnya, Kamis (24/3/2016).

 

Penulis: Magang Sahrain

Editor: Instruktur Livia Purwati

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment