Survei Terbaru QS 2016, UMS Masih Masuk 10 Besar PT Terbaik

0
271

UMS, Pabelan-Online.com – Riset global Quacquarelli Symonds (QS) merilis hasil survey terbaru peringkat Universitas Asia 2016 dengan tajuk QS University Ranking: Asia 2016. Hasilnya, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Seperti dikutip dari kabar24.bisnis.com, yang menjadi hal unik adalah UMS mampu mengalahkan Universitas Brawijaya Malang dari penentuan peringkat 11 universitas terbaik Indonesia didasarkan pada peringkat universitas di Indonesia di kancah Asia.

“Perguruan tinggi lain yang masuk peringkat tahun ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Muhammadiyah Surakarta di kelompok peringkat 251-300 serta Universitas Brawijaya dan Universitas Bina Nusantara di kelompok peringkat 301-350,” tulis laporan QS University Rankings: Asia 2016 tersebut.

Peringkatnya bertambah 50 universitas dibandingkan dengan riset QS University Ranking: Asia 2015 yang hanya memeringkat 300 universitas. Penetapan peringkat tersebut didasarkan pada hasil riset Quacquarelli Symonds dengan menggunakan 9 indikator untuk menyusun peringkat 350 universitas Asia 2016. Rincian indikator sebagai berikut: Reputasi akademis (30%), reputasi karyawan (10%), rasio fakultas/mahasiswa (20%), penghargaan hasil riset (15%), jumlah riset ilmiah per fakultas (15%), proporsi fakultas internasional (2,5%), mahasiswa internasional (2,5%), proporsi pertukaran mahasiswa keluar negeri (2,5%) dan proporsi penerimaan dan pertukaran mahasiswa dari luar negeri.

Berikut 11 universitas terbaik Indonesia di kancah Asia versi riset Quacquarelli Symonds.

  1. Universitas Indonesia (Jakarta)
  2. Institut Teknologi Bandung (Bandung)
  3. Universitas Gadjah Mada (Jogjakarta)
  4. Universitas Airlangga (Surabaya)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Universitas Padjadjaran (Bandung)
  7. Universitas Diponegoro (Semarang)
  8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya)
  9. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Solo)
  10. Universitas Brawijaya (Malang)
  11. Universitas Bina Nusantara (Jakarta)

 

Penulis : Dina Ayu Lestari

Editor: Ratih Kartika