HomeKampusKini, Edupark UMS Ditanami 40-50 Tanaman Pewarna Alami

Kini, Edupark UMS Ditanami 40-50 Tanaman Pewarna Alami

Kini, Edupark UMS Ditanami 40-50 Tanaman Pewarna Alami

UMS, Pabelan-Online.com – Peringati hari Lingkungan Hidup Sedunia, Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adakan kegiatan tanam pewarna alami di Edupark, Minggu (5/6/2016). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan 5 hektare aset UMS yang dapat berkontribusi bagi kota Solo.

Wakil Dekan III FT, Ahmad Kholid Alghofari, menjelaskan bahwa sebelum diadakan kegiatan tersebut, telah dilakukan beberapa penelitian, salah satunya mengenai keperluan bahan pewarna dalam pembuatan batik. Menurutnya, selama ini pengrajin batik di Solo masih banyak yang menggunakan pewarna sintetis atau kimia. “Ternyata berdasarkan data yang ada, sumber daya alam kurang memadai karena kurangnya budidaya tanaman pewarna alami ini,” ujarnya, Sabtu (12/6/2016).

Kholid juga mengatakan kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kampoeng Batik Laweyan, Pusat Pengembangan Kerja Sama Strategis (PPKS), Komunitas Desain Prodi Arsitektur dan juga beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FT. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan yang juga dimeriahkan dengan penerbangan burung kutilang secara simbolik tersebut, hanya menanam 40 atau 50 pohon pewarna alami. “Program penanaman tanaman alami dengan skala yang lebih besar akan diadakan pada Oktober mendatang di Edupark,” tambahnya.

Salah satu peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Wira Ridwanudin mengatakan kegiatan tersebut bagus, namun saat acara berlangsung ada kekurangan.  Karena para peserta belum mengetahui mengenai cara penanaman yang benar. Ia menyarankan agar ke depannya dari pihak penyelenggara memberikan sosialisasi terlebih dahulu. “Harapannya nanti Edupark banyak yang mengunjungi karena kan udah tambah indah ditanami banyak tanaman, jadi kegiatan ini bisa dicontoh fakultas lain,” ujarnya saat ditemui Pabelan-Online.com, Sabtu (11/6/2016).

Penulis: Livia Purwati

Editor: Dziya Ulhikmah

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment