6 Hal Menarik Saat Peringati Kemerdakaan Indonesia ke-71

0
140

UMS, Pabelan-Online.Com – Upacara bendera merupakan hal yang wajib dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada beberapa hal menarik saat upacara memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tahun ini. Apa sajakah itu ? Berikut enam hal menarik saat upacara pengibaran bendera memperingati HUT RI yang didapatkan redaksi pabelan-online.com.

  1. Pertunjukan seni

Detik detik sebelum pengibaran bendera diisi dengan penampilan dari putra putri bangsa, baik tarian daerah maupun lagu daerah. Paduan suara anak anak dibawah 17 tahun yang mendapat juara satu di Italia kemarin, The Resonanz Children’s Choir (TRCC) ikut ambil bagian.

Tak hanya sebelum sebelum pengibaran bendera, pertujukan seni juga diadakan setelah pengibaran bendera, tepatnya pertunjukan tersebut dimulai sejak pukul 15:00 sampai jam 17:00 WIB (sebelum upacara penurunan bendera).

  1. Tamu Undangan

Dilansir dari KOMPAS.com , undangan yang menghadiri upacara pengibaran bendera berbeda dengan tahun sebelumnya. 70% undangannya adalah masyarakat biasa dan 30% pejabat. Tak hanya itu, tahun ini presiden jokowi turut mengundang orang –orang inspirator bangsa. Salah satunya, Suster Apung dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabiah.

“Dengan kami mengundang mereka, minimal kita semua tahu mereka. Nanti juga kan ada dialog antara presiden dengan mereka, siapa tahu pemerintah punya program untuk mereka-mereka itu,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Darmansjah Djumala, Kamis (11/8/2016).

  1. Bendera

Jika biasanya bendera merah putih hanya diletakkan didepan presiden selama upacara, kali ini mengalami perubahan. Bendera tersebut diarak menggunakan kereta kuda dari Lapangan Monumen Nasional (Monas) menuju ke Istana.

“Biasanya kan sesuatu yang dihormati kan dibikin seremoni. Nah, inilah seremoninya,” kata Darmansjah Djumala.

  1. Video 360 derajat

Kemajuan teknologi saat ini dimanfaatkan presiden untuk mempermudah rakyatnya menyaksikan kemeriahan upacara peringatan HUT RI ke-71. Selain menfasilitasi dengan menyediakan layar disekitar istana, presiden juga menggunakan teknologi video 360 derajat yang dapat diakses masyarakat  melalui akun youtube dan twitter Presiden Jokowi.

 

“Kali ini, kita bisa saksikan detik-detik Proklamasi #RI71 dgn teknologi kamera 360° lewat kanal YouTube & Twitter saya -Jkw,” kata Jokowi lewat akun twitternya, @Jokowi, Selasa (16/8/2016).

  1. Paskibraka

Jumlah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun ini berkurang satu orang. Gloria Natapradja Hamel batal menjadi pengibar bendera yang diputuskan pada,15 Agustus kemarin, perihal terhalang dwi kewarganegaraan. Namun, akhirnya Presiden Jokowi memperbolehkan Gloria untuk  bergabung kembali di Paskibraka saat penurunan bendera setelah mempertimbangkan rasa nasionalisme yang dimilikinya.

  1. Ucapan Selamat

Dikutip dari liputan6.com, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke- 71, enam pesawat tempur beratraksi membentuk formasi panah terbang melewati langit Istan merdeka. Pesawat yang terdiri dari tiga buah Sukhoi SU-34 dan tiga buah pesawat F-16 terbang dari Landasan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

“Kami elang-elang muda Indonesia mengucapkan terima kasih pada Presiden Joko Widodo dan Dirgahayu Republik Indonesia,” kata suara anggota TNI AU kepada Presiden Jokowi saat beratraksi di udara Istana Merdeka, Rabu (17/8/2016).

 

Penulis  : Sofi Filda

Editir     : Yusmi Dwi Putri