UKM di Sejumlah Kampus Sepi Peminat, Bagaimana dengan UMS?

0
463

UMS, Pabelan-Online.com – Pasca ikuti Masa Taaruf Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB), Mahasiswa baru (Maba) akan mengikuti Expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada 31 Agustus nanti. Para Maba akan diperkenalkan dengan UKM Universitas yang ada di UMS. Namun, apakah minat mereka terhadap UKM akan meningkat dari tahun sebelumnya? Atau malah menurun?

Dikutip dari Harian Kompas, Kamis (16/8/2016) lalu diberitakan bahwa UKM di sejumlah kampus pada tiga tahun terakhir sepi peminat. Mahasiswa cenderung fokus pada kegiatan akademik ketimbang menggeluti kegiatan bakat-minat. Penyebabnya, beban tugas akademik menyita banyak waktu. Apalagi, mereka juga dituntut menamatkan studi paling lama lima tahun.

Di Universitas Indonesia (UI) misalnya, pendaftaran UKM seperti Praja Muda Karana (Pramuka) dan Resimen Mahasiswa (Menwa) terus merosot. Wakil ketua UKM Pramuka UI Imas Yuliani, mengatakan peminat pramuka saat promosi UKM 2016 sebanyak 30-50 pendaftar. Namun, saat perekrutan hanya 5-15 orang.

“Rupanya, karena alasan tugas perkuliahan, jumlahnya terus berkurang,” kata Imas, Selasa(9/8/2016).

Adapun jumlah mahasiswa yang bergabung dengan Menwa UI hanya 14 orang pada 2014 dan 11 orang pada 2015. “Cenderung sepi. Mungkin saja karena tuntutan maksimal lulus tidak boleh lebih dari lima tahun untuk angkatan baru,” kata Yelinda (19), anggota Menwa UI.

UKM di Universitas Trisakti pun demikian, termasuk unit kegiatan berbasis minat-bakat, kajian, dan sosial. Merosotnya peminat UKM mulai terjadi pada tahun 2012.

UKM Pecinta Alam Mapala Trisakti semula menerima 27 anggota pada 2012, lalu menurun menjadi 12 orang pada 2013. Kemudian terus menciut pada 2015 dengan hanya sembilan orang.

Kalau beberapa universitas di Jakarta minat UKM semakin menurun, lalu bagaimana dengan di UMS? Apakah mahasiswa UMS juga kuliah hanya akan berorientasi pada nilai akademik tanpa menghiraukan kemampuan berorganisasi?

Penulis: Aisyah Arminia

Editor: Ratih Kartika