Pabrik Es Buatan Belanda Pernah Ada di Solo, Lho (?)

0
499

UMS, Pabelan-Online.com – Tahukah kamu kalau di Solo, pernah berdiri suatu bangunan yang memproduksi es? Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi? Dulu, disana berdiri kokoh pabrik es yang bernama Saripetojo. Dilansir dari majalah Pabelan edisi Agustus 2016, Pabrik Es Saripetojo merupakan bangunan yang didirikan pada zaman Hindia Belanda tahun 1888.

Dahulu bangunan ini bernama Soloche Ist Wastahoppy yang merupakan pabrik es pertama di Solo. Tak tanggung-tanggung luasnya mencapai 13 ribu meter persegi. Pada tahun 1985-1990 pabrik ini mampu memproduksi 90 ton es berbentuk balok. Distribusinya sampai beberapa kota di Jawa, seperti Madiun, Purwodadi, Salatiga, Pacitan, Surabaya dan kota-kota lainnya. Namun pada tahun 2006, pabrik yang telah lama berjalan itu mengalami kerugian cukup besar yang mengakibatkan pabrik itu berhenti beroperasi dan terpaksa tutup.

Alih-alih dijadikan bangunan bersejarah atau tempat wisata sebagai peninggalan bersejarah serta dinikmati warga Solo dan sekitarnya, bangunan ini malah dirobohkan kemudian di atas tanah tersebut didirikan sebuah mal. Salah satu artikel dalam majalah Pabelan yang berjudul “Saripetojo Tinggal Nama” menguak latar belakang perobohan bangunan ini.

Penulis: Aisyah Arminia