Bagaimana Agar Tak Salah Kosmetik?

0
164

UMS, Pabelan-Online.com – Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik. Baik itu cantik dari dalam maupun dari luar. Berbagai definisi cantik pun mencuat. Tak sedikit yang berpendapat bahwa cantik fisik itu berupa kulit putih, pipi tirus, hidung mancung, dan sebagainya. Untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan, kaum hawa rela merogoh kocek ataupun menyakiti diri. Jika cara instant tersebut yang dilakukan, maka besar kemungkinan merugikan perempuan itu sendiri.

Menurut Kepala Laboratorium Kimia 2013, Andi Suhendi, mengatakan apabila ada produsen kosmetik yang menawarkan produk dengan hasil yang cepat, justru perlu diwaspadai . “Claim terlalu berlebihan dan biasanya menjanjikan waktu yang singkat,” jawabnya saat ditanya redaksi Majalah Pabelan Pabelan Edisi September 2013.

“Cantik itu tidak harus kulit putih dan putih itu tidak didapat dengan cara instan. Untuk merawat kecantikan juga tidak harus menggunakan pemutih,” ungkap Dokter spesialis kulit, Nur Rahmat, Sabtu (04/05/2013).

Terdapat beberapa bahan yang memang tidak boleh digunakan sebagai kosmetik, tetapi ada juga bahan tertentu yang boleh dengan batas dan ketentuan tertentu. Hidrokinon yang biasa digunakan untuk mengatasi noda hitam diwajah misalnya. “ Hidrokinon, bahan pemutih ini sebenarnya dapat digunakan asalkan sesuai dengan resep dari dokter dan digunakan tidak selama 6 bulan,” katanya.

Berikut merupakan tips merawat kulit yang baik yang disampaikan oleh dr. Nur Rahmat:

  1. Sebelum memilih kosmetik, kenali terlebih dahulu jenis kulit anda. Karena perawatan kulit dapat maksimal jika sesuai dengan jenis kulit.
  • Untuk kilit kering, gunakanlah pelembab yang berbahan dasar minyak, karena baik untuk mnambah kadar minyak dalam wajah sehingga kulit tidak tampak kusam.
  • Untuk kulit normal, disaran menggunakan pelembab berbahan dasar air saja.
  • Untuk kulit berminyak, juga mengunakan pelembab yang berbahan dasar air karena kandungan minyak berlebih dapat teratasi.

 

  1. Perhatikan penggunaan bedak untuk setiap harinya
  • Bedak tabur: sangat cocok digunakan setiap hari karena bedak ini tidak menempel dengan kulit sehingga jika digunakan dalam waktu yang lama tidak menyebabkan penyumbatan pori –pori yang dapat menyebabkan jerawat untuk kulit berminyak dan alergi untuk kulit kering
  • Bedak padat: tidak masalah digunakan asal tidak digunakan dalam waktu yang lama misal seharian penuh, gunakan hanya pada acara tertentu saja dan apabila sudah tidak diperlukan segera dibersihkan.

 

Sumber            : Majalah Pabelan Edisi September 2013

Penulis             : Sofi Filda