Masih Berpikiran Ada Anak Bodoh ? Coba Cek Lagi

0
147

UMS, Pabelan-Online.com – Tipe anak dalam menangkap pembelajaran memang berbeda-beda. Ada anak yang terlihat pintar dan ada pula yang tidak. Bahkan anak yang terlihat pintar begitu disanjung oleh guru, lalu bagaimana dengan yang tidak ? Apakah ada anak yang bodoh?

Dilansir dari Kompas.com, banyak pelajar Indonesia yang berprestasi dan sukses menjuarai olimpiade. Namun, tak dapat dipungkiri banyak pula siswa yang berprestasi rendah. Selain itu, pelajar Indonesia juga kesulitan menjawab soal-soal penalaran yang membutuhkan pemahaman. Hal tersebut disebabkan mereka terbiasa menghafal dan menjawab soal pilihan ganda.

Banyak faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa. Tantangannya, sistem pendidikan formal Indonesia cenderung memperlakukan siswa sama rata. “Ketika diperlakukan sama, ada yang bisa mengikuti, ada yang tidak,” ungkap Founder & CEO Elite Tutors Indonesia, Sumarsono, Rabu (7/9/2016).

Terkadang, anak-anak terlihat memperhatikan pelajaran, tetapi sebenarnya mereka sedang melamun atau bahkan mengerjakan hal lain.  Atau bisa jadi siswa tidak suka dengan metode ajar gurunya yang kebanyakan menggunakan metode ceramah yang membuat siswa bosan. Bisa juga fasilitas sekolah yang kurang menunjang. Minim perpustakaan atau alat ajar, bisa jadi diantaranya.

Dari fenomena tersebut, Sumarsono  berpendapat setiap anak butuh dukungan untuk bisa mendapatkan potensi terbaik. Ia pun menggagas sistem tailor made yang dikembangkan di lembaganya. Yang telah banyak diterapkan sekolah dan pendidkan di luar negeri, tapi belum familiar di Indonesia.

Sistem tailor made juga merancang pola ajar yang menghibur.  Saat siswa sudah merasa nyaman dengan pendidik, mereka akan terbuka dengan sendirinya dan lebih menerima pengajaran.

Penulis             : Yusmi Dwi Putri

Editor               : Ratih Kartika

Sumber            : Kompas.com