Inspirasi di Balik Desain Gedung Induk Siti Walidah UMS

0
870

UMS, Pabelan-Online.com – Gedung dengan bentuk yang unik milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mampu menyedot perhatian pengguna Jalan Ahmad Yani. Menarik, karena bentuknya berbeda dengan gedung-gedung di sekitarnya yang cenderung berbentuk segi empat atau kotak. Nama bangunan berlantai tujuh tersebut adalah Gedung Induk Siti Walidah. Terkandung makna filosofis pada desain gedung tersebut.

Seperti yang dilansir dari rubrik Griya Koran Solopos Edisi Minggu (09/10/2016), gedung yang difungsikan sebagai perkantoran modern dan ruang kuliah mahasiswa UMS tersebut berbentuk seperti matahari. Menurut Direktur Teknis Tim Perencana Arsitektur UMS,  M.S. Priyono Nugroho, yang juga salah satu arsitek gedung tersebut mengungkapkan bahwa bentuk Gedung Induk Siti Walidah terinspirasi lambang organisasi Muhammadiyah berbentuk matahari dengan 12 pancaran sinar. “Desainnya memang penuh filosofi jika dijabarkan ada lima poin,” terang Priyono Nugroho yang akrab disapa Yoyon, Selasa (4/10/2016).

Poin pertama, bentuknya seperti Matahari sebagai pusat tata surya, jadi gedung ini menjadi sumber pencerahan (ilmu) untuk masyarakat. Kedua, sesuai lambang Muhammadiyah ada dua kalimat syahadat yang diwujudkan di dua blok bangunan, blok utara keyakinan kepada Allah, blok selatan keyakinan kepada Nabi Muhammad. Ketiga,lambang Muhammadiyah ada 12 pancaran sinar yang diterapkan pada landscape gedung. Ini menunjukkan simbol perjuangan tanpa lelah dalam mencerdaskan umat. Keempat, bentuk yang membesar ke atas sebagai simbol pertumbuhan dan perkembangan UMS dan Muhammadiyah sekaligus simbol memayungi umat.Kelima, nuansa stainless steel sebagai simbol modernitas karena Muhammadiyah organisasi modern yang mendorong perubahan.

Penulis                      : Dina Ayu Lestari

Editor                        : Ratih Kartika