Minat Mahasiswa Ikut UPPM Meningkat, Kuota Ditambah

0
385

UMS, Pabelan-Online.com Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ikuti screening sebagai proses penerimaan anggota baru Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM), Kamis malam (13/10/2016) di Hall FIK. Tahun ini, UPPM alami peningkatan jumlah peserta yang ikut, sehingga terjadi penambahan kuota penerimaan anggota baru.

Ketua Umum (UPPM), Syahri Ramadhani, mengatakan bahwa sebanyak 130 peserta mengikuti screening tahun ini, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu  yang berjumlah 100 perserta. Wawancara dan tes tertulis merupakan proses screening yang wajib diikuti sebagai pintu gerbang menjadi anggota baru UPPM. Kuota penerimaan anggota baru tahun 2016 ditambah. Kebijakan tersebut diambil karena minat mahasiswa FIK UMS meningkat.”Kuota untuk diterima itu 70 sedangkan tahun kemarin 55,” tuturnya, Rabu (12/10/2016).

Setelah resmi diterima, anggota baru wajib mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) di desa binaan berupa penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), meliputi cuci tagan yang bersih dan benar, pentingnya penggunaan air bersih, pengolahan sampah, dan pemilihan makanan sehat dan bergizi. Kegiatan tersebut sebagai wujud penelitian dan pengembangan mahasiswa untuk masyarakat.

Salah seorang peserta screening Yuli Wahyu Utami, mahasiswa FIK semester 3, menuturkan, keinginannya bergabung di UPPM untuk menerapkan ilmu yang telah di dapat dari dalam kelas supaya berguna untuk masyarakat. Ia berharap jika diterima menjadi anggota UPPM nanti ilmu yang sudah ia dapatkan tidak sia-sia. ”Semoga semakin jadi insan cerdas yang berkualitas,” ujarnya, Kamis (13/10/2016).

Penulis : Magang Ari Susanto, Dhessa Yudi Aviarti, dan Imroatus Sholihah

Editor   : Hanifah Indrianti