HomeWartaIntra KampusUMS Siapkan Program Pembelajaran Jarak Jauh

UMS Siapkan Program Pembelajaran Jarak Jauh

UMS Siapkan Program Pembelajaran Jarak Jauh

UMS, Pabelan-Online.com – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meminta Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membantu Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dalam program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Peresmian PJJ dihadiri dosen Universitas Muhammadiyah dari beberapa daerah, Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), pengembang PJJ, dan mahasiswa seminar di Gedung Induk Siti Walidah.

Diutarakan pihak PP Muhammadiyah, lantaran UMKT tergolong universitas yang masih baru, sehingga butuh banyak staf pengajar. UMS dinilai memiliki sistem pembelajaran yang baik, sehingga ditunjuk PP Muhammadiyah menyiapkan modul PJJ sesuai standar dan mudah dipahami mahasiswa. Delapan modul PJJ sedang dalam proses pengerjaan dan diharapkan dikerjakan dengan baik, agar memenuhi persyaratan yang ditetapkan Ristekdikti.

Wakil Ristekdikti, Ridwan Roy menyampaikan, penyusunan modul PJJ berbeda dengan penyusunan modul pembelajaran reguler. Harus ada pembagian materi dalam modul, yakni mata kuliah daring, mata kuliah terbuka, dan materi terbuka. Program PJJ diperketat mulai tahun 2017 karena hanya prodi terakreditasi A yang diizinkan menyelenggarakan program. “Ristekdikti hanya menentukan standar modul PJJ, untuk biaya dan model PJJ diserahkan pada universitas itu sendiri,” tuturnya, Selasa (21/3/2017).

Reporter: Mg_Inayah

Editor: Afifah Hutria

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment