HomeHeadlineMahasiswa: Fasilitas Rusak Ganggu Kekusyukan Beribadah

Mahasiswa: Fasilitas Rusak Ganggu Kekusyukan Beribadah

Mahasiswa: Fasilitas Rusak Ganggu Kekusyukan Beribadah

UMS, Pabelan-Online.com  – Fasilitas menjadi problematika serius di kalangan kampus, salah satunya kondisi toilet dan tempat wudu  di Kampus I yang mengalami kerusakan. Kondisi keran air  yang mati di tempat wudu dan toilet dikeluhkan mahasiswa karena dinilai mengganggu kekusyukan dalam beribadah. Akibatnya, antrean padat terjadi ketika memasuki waktu salat.

Keluhan tersebut diungkapkan mahasiswi Program Studi (Prodi) Matematika, Prabawati Indriastuti, ia seringkali merasa kurang nyaman melaksanakan salat di Masjid Fadlurrahman. Selain itu keran tempat air wudu yang mati membuat mahasiwa berwudu di kamar mandi. “Fasilitas yang kurang memadai mengganggu kekhusyukan dalam beribadah kalau shalat gantian dengan yang lain karena antrean banyak dan tempat sholat kurang luas jadi sholat kurang khusuk,” keluhnya, Sabtu (26/3/2017).

Menanggapi problematika fasilitas rusak tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Maintenance Biro Administrasi Umum (BAU), Hasyim Asyari, menjelaskan bahwa fasilitas keran tempat wudu yang rusak  disebabkan karena keran debit air tidak lancar sehingga diperlukan adanya pergantian. Permasalahan yang sering terjadi yaitu sebelum pukul tiga pagi pompa deep well yang menyalurkan air itu mati, selain itu dengan bekerja 19 jam per hari maka life time­-nya juga berkurang,” jelasnya, Rabu (22/3/2017).

Ia menambahkan bahwa belum ada pengecekan secara mendetail mengenai permasalahan fasilitas air tersebut. Selama ini hanya sebatas pengecekan secara berkala yang dilakukan petugas setiap harinya. Kedepannya, pelaporan atas keluhan yang ada dapat disampaikan melalui Tata Usaha (TU) tiap Prodi, takmir masjid, dan disampaikan langsung kepada pihak BAU. “Asalkan ada informasi dari pengguna dan tim kita (BAU-red) tahu, maka akan segera ditangani,” tambahnya.

 

Reporter: Mg_Azzah,Mg_Hesti, & Mg_Firdaus

Editor: Aprilia Indra Setya Pangesti

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment