HomeHeadlineWah, Mahasiswi Arsitek Diwajibkan Berbusana Muslimah

Wah, Mahasiswi Arsitek Diwajibkan Berbusana Muslimah

Wah, Mahasiswi Arsitek Diwajibkan Berbusana Muslimah

UMS, Pabelan-Online.com – Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) mengeluarkan Surat Pemberitahuan (SP) untuk mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur. SP No. 002/04-IV/KMTA/UMS/III/2017 tentang kewajiban berbusana muslimah tiap Senin dan larangan merokok di lingkungan kampus tersebut telah berlaku sejak Selasa (7/3/2017) lalu.

Selaku Kaprodi Arsitektur, Widyastuti Nurjayanti, mendukung adanya SP dari KMTA yang telah beredar selama kurang lebih dua minggu di lingkungan Prodi Teknik Arsitektur. Sebelumnya, dari pihak KMTA telah berkonsultasi dan meminta dukungan kepada pihak Kaprodi terlebih dahulu. “Dari KMTA meminta dukungan dan kami dukung itu (pengeluaran SP-red) karena bagus untuk ke depannya,” tuturnya, Rabu (22/3).

Nurjayanti memaparkan bahwa surat tersebut bersifat imbauan dan masih dalam tahap uji coba. Uji coba dijalankan selama satu kali dalam seminggu dan berada dalam pengawasan KMTA bidang kerohanian. “Semua sudah dijelaskan pada draf surat. KMTA tidak jalan sendiri, dari pihak Prodi nantinya akan menerima laporan,” jelasnya.

Adapun kendala yang dihadapi yakni masih banyak mahasiswi yang belum mempunyai pakaian muslimah. Meski begitu, Nurjayanti tetap berharap nantinya aturan tersebut akan membentuk kebiasaan berpakaian yang baru pada mahasiswa. “Karena masih dibutuhkan penyesuaian, aturan hanya diterapkan pada hari Senin saja,” tambah Nurjayanti.

Senada dengan itu, Mahasiswi Teknik Arsitektur semester VI, Tina Susanti, mengungkapkan bahwa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) harus menjunjung tinggi nilai keislaman, salah satunya dengan melatih mahasiswi dalam etika berbusana. Akan tetapi, meski sebagian banyak mahasiswi telah menerapkan aturan tersebut, masih banyak di antara mereka yang kurang percaya diri dan kembali pada style masing-masing. “Biasanya menggunakan celana terus tiba-tiba pakai rok jadinya aneh,” ungkapnya, Rabu (22/3).

Reporter: Mg_Aldi & Mg_Clara

Editor: Dian Aulia

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment