HomeWartaIntra KampusPanwaslu Andalkan Upgrading dalam Menentukan Agenda Kerja

Panwaslu Andalkan Upgrading dalam Menentukan Agenda Kerja

Panwaslu Andalkan Upgrading dalam Menentukan Agenda Kerja

UMS, Pabelan-Online.com – Sejumlah 15 mahasiswa resmi dilantik sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk mengawal jalannya Pemilu Mahasiswa (Pemilwa) sesuai Surat Keputusan No 4/SK/DPM-UMS/III/2017 di Griya Mahasiswa, Senin (13/3). Sementara itu, Ketua Panwaslu mengakui belum adanya rangkaian kerja karena proses upgrading yang belum dilaksanakan.

Selaku Ketua Panwaslu, Muhammad Khoiril Amin, mengatakan bahwa Panwaslu telah siap untuk mengawasi jalannya Pemilwa. Selain itu, Khoiril juga mengakui kesanggupan Panwaslu dalam menghadapi adanya aduan-aduan yang muncul selama Pemilwa berlangsung. “Selain agenda untuk Pemilwa, kami (Panwaslu-red) belum ada rencana agenda selanjutnya. Itu karena upgrading yang belum dilaksanakan,” jelasnya, Senin (13/3/2017).

Anggota Panwaslu berjumlah delapan orang diambil dari delegasi Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM F). Meski begitu, tetap ada proses seleksi dari DPM Universitas (DPM U). Ketua Panwaslu mengutarakan tantangan yang dihadapi untuk menjadi Panwaslu, seperti lingkup yang lebih luas dan pengaruh politik yang lebih besar. “Karena dari DPM F pengetahuan masih kurang, jadi perlu adanya upgrading mungkin dari sana bisa membuat perencanaan atau agenda,” tutur Khoiril.

Meski pelantikan terpaksa mundur dari jam yang sudah direncanakan, prosesi tersebut tetap berjalan lancar. Khoiril mengusahakan adanya kedekatan di dalam keanggotaan Panwaslu, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah koordinasi dalam menjalankan kinerja Panwaslu.

Ketua Umum DPM U, Mirza Iskandar Putra, menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa UMS agar mendapatkan pemimpin baru yang baik dalam Pemilwa mendatang. Ia juga tak lupa mengatakan harapan untuk Panwaslu yang telah terpilih. “Untuk Panwaslu semoga bisa bekerja secara profesional dan independen terhadap kelembagaannya,” ujarnya, Senin (13/3/2017).

Baca juga: KPUM Terbentuk, Pemilwa Siap Digelar

Reporter: Afitasari                    

Editor: Ritmika Serenady

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment