HomeHeadlineWR I Pastikan Rektor Terpilih Dilantik Bulan Ini

WR I Pastikan Rektor Terpilih Dilantik Bulan Ini

WR I Pastikan Rektor Terpilih Dilantik Bulan Ini

UMS, Pabelan-Online.com – Wakil Rektor I (WR I) memastikan bahwa pelantikan Rektor terpilih Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) periode 2017-2021 akan dilakukan pada 22 April 2017. Pelantikan ini direncanakan akan diselenggarakan di ruang Auditorium Muh. Djazman.

Ditemui di ruangannya Muhammad Da’i selaku WR I sekaligus Sekretaris Senat megatakan bahwa persiapan pelantikan Rektor terpilih sudah dilakukan. Namun, pelantikan ini mundur dari jadwal yang ditentukan karena masa jabatan Rektor yang harusnya berakhir sejak 31 Desember 2016 lalu diperpanjang. Ia memantapkan bahwa kali ini pelantikan Rektor terpilih tidak akan berubah lagi. “Pelantikan ini bukan berasal dari Senat saja, tetapi hasil dari usulan Senat dan keputusan dari PP Muhammadiyah,” tuturnya Jumat (31/3/2017).

Da’i menjelaskan bahwa Surat Keputusan (SK) pemberhentian rektor lama dan pengangkatan rektor terpilih sudah diserahkan. “Untuk SK pemberhentian Rektor lama akan berlaku per 24 April 2017 dan untuk SK pengangkatan Rektor baru akan berlaku per 25 April 2017,”. Meskipun demikian, masa jabatan WR yang seharusnya habis pada 23 Maret akan diperpanjang hingga 24 Mei 2017.

Anam Sutopo selaku Sekretaris Panitia Pelantikan Rektor mengatakan bahwa kepanitian baru akan melaksanakan rapat pertama pada Sabtu, 1 April 2017. Pelantikan direncanakan akan berbentuk sidang senat. “Pelantikan nanti akan melibatkan semua stakeholder meliputi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) Muhammadiyah, Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dll. Termasuk juga perwakilan mahasiswa dan karyawan dengan total sekitar 500 orang,” jelasnya, Sabtu (1/4/2017).

Anam berharap usai pelantikan Rektor nanti, segera disusul pelantikan WR yang baru. Ia memprediksi pelantikan WR baru akhir bulan April. “Itu rencana dan harapan, meskipun di draft seharusnya jabatan Wakil Rektor berakhir di akhir Maret lalu. Namun, karena sekarang ini agenda di universitas sedang padat kemungkinan juga akan mundur,” paparnya.

Reporter: Aulia Rosinta

Editor: Pipit Ernawati

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment