HomeWartaIntra KampusKPUM Tetapkan Jenis Pelanggaran dalam Pemilwa

KPUM Tetapkan Jenis Pelanggaran dalam Pemilwa

KPUM Tetapkan Jenis Pelanggaran dalam Pemilwa

UMS, Pabelan-Online.com – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) telah menetapkan jenis-jenis pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa). Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) siap memberi tindakan kepada semua pelaku pelanggaran.

Selaku ketua Panwaslu, Muhammad Khoiril Amin saat sosialisasi pemilwa di Fakultas Geografi menjelaskan bahwa pelanggaran tersebut dibagi menjadi dua, yakni pelanggaran ringan dan pelanggaran berat. Sementara itu sanksi yang diterapkan adalah berupa pengurangan suara sah terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden yang terbukti melakukan pelanggaran. “Untuk pelanggaran ringan dikenai sanksi pengurangan lima puluh suara sah, kalau pelanggaran berat seratus suara sah,” jelasnya, Selasa (18/4/2017).

Sebagai contoh pelanggaran berat adalah perusakan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan menghasut pasangan calon lain. Di lain sisi, jika pelaku pelanggaran merupakan mahasiswa yang bukan anggota partai, hal tersebut diakui Khoiril diluar wewenang Panwaslu. Namun, jika pelaku pelanggaran merupakan anggota partai maka akan ada tindakan yang dilakukan oleh Panwaslu sebagai bentuk sanksi tegas.

 

Reporter: Afitasari Mulyati

Editor: Metanisa Rofi Hamtina

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment