HomeHeadlineIni Alasan Penghitungan Suara Molor

Ini Alasan Penghitungan Suara Molor

Ini Alasan Penghitungan Suara Molor

UMS, Pabelan-Online.com – Penghitungan surat suara hasil Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) 2017 mengalami penundaan dari waktu yang semula ditargetkan pukul 20.15 WIB, Selasa (25/4/2017) menjadi pukul 00.47 WIB, Rabu (26/4/2017). Mengenai alasan penundaan tersebut Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) menyebutkan ada beberapa kendala yang melatarbelakangi adanya penundaan tersebut.

Dalam sebuah press release, pihak KPUM memberitahukan bahwa penghitungan surat suara tertunda dikarenakan KPUM harus melakukan pengecekan ulang pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) dengan berita acara penyelenggaraan pemungutan suara dan DPT yang dituliskan secara manual. Hal ini dikarenakan sempat terjadi kendala di birokrasi kampus, sehingga DPT yang didapatkan untuk TPS tersebut hanya berasal dari angkatan 2016. Kemudian menyebabkan panitia yang bertugas harus menuliskan nama-nama pemilih secara manual.

Alasan lainnya disebabkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) mempermasalahkan adanya sejumlah mahasiswa FH yang menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi tahun ini. Sehingga, terjadi penarikan DPT pada TPS setempat yang dilakukan oleh pihak BEM FH. Press release yang ditandatangani oleh ketua KPUM, Syarifah Nur Azizah Fachir tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan klarifikasi dan rapat bersama peserta pemilwa untuk mencapai kesepakatan.

Reporter: Livia Purwati

Editor: Ritmika Serenady

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment