HomeWartaIntra KampusKenalkan Pendidikan Alternatif pada Mahasiswa FKIP

Kenalkan Pendidikan Alternatif pada Mahasiswa FKIP

Kenalkan Pendidikan Alternatif pada Mahasiswa FKIP

UMS, Pabelan-Online.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM FKIP) bekerja sama dengan Ki Hajar Dewantara Institute adakan kajian ilmiah terkait pendidikan alternatif. Acara yang berlangsung di gedung C4 FKIP, kampus I tersebut bertujuan mengenalkan pendidikan alternatif kepada mahasiswa FKIP sebagai calon guru, Sabtu (29/4/2017).

Salah satu pembicara sekaligus penulis Buku Desaku Sekolahku, Alfian Hasan, menjelaskan arti penting pendidikan alternatif bagi pendidikan di Indonesia. Bagi dia, pendidikan bukan sekedar belajar untuk menambah pengetahuan, namun belajar meningkatkan kemandirian. Alfian juga mengungkapkan bahwa pendidikan alternatif sudah dijalankan oleh tokoh-tokoh pendidikan Indonesia terdahulu, yang mana sangat mengutamakan penanaman kesadaran dalam diri serta dalam jiwa anak didik. “Jiwa pendidikan alternatif adalah jiwa bangsa kita,” ujarnya, Sabtu (29/4/2017).

Dia juga menambahkan pendidikan formal lebih mementingkan perolehan ijazah, pendidikan alternatif lebih mementingkan perolehan sebuah karya. Sebab anak didik diberikan suasana yang bebas dan santai untuk menyalurkan kreatifitasnya. “Nenek moyang kita adalah bangsa kreator bukan bangsa primitif,” tambahnya.

Koordinator Ki Hajar Dewantara Institute, Aldi Farhan Razak, mengatakan, Mahasiswa FKIP umumnya lebih banyak mengetahui pendidikan formal. Dia berharap mampu mengenalkan dan menerapkan pendidikan alternatif sebagai jalan lain menuju pendidikan Indonesia yang lebih baik. “Mahasiswa bisa membuat komunitas-komunitas dengan penerapan pendidikan ini,” ungkapnya, Sabtu (29/4/2017).

Reporter: Vivi Furtining Dewi

Editor: Ratih Kartika

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment