HomeWartaIntra KampusBernard Batubara: Menulislah Tanpa Berpikir

Bernard Batubara: Menulislah Tanpa Berpikir

Bernard Batubara: Menulislah Tanpa Berpikir

UMS, Pabelan-Online.com – Memperingati 30 tahun berdiri, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Campus menyelenggarakan Seminar Nasional (Semnas) kepenulisan dengan tema Goresan Pena Pembuka Jendela Cakrawala, Selasa (16/5/2017). Acara yang diadakan di Auditorium Muh. Djazman tersebut menghadirkan novelis kondang asal Pontianak yaitu Bernard Batubara, seorang penulis senior ialah Afifah Afra dan seorang esais yaitu Istiqomah T Wijayanti.

Bara, panggilan akrab Bernard Batubara mengutip kalimat dari penulis favoritnya, Ernest Hamingway yang mengatakan menulislah dengan mabuk. Ia menjelaskan kembali, bukan menulis sambil menegak alkohol tapi menulislah tanpa berpikir, ketik apa yang ada di dalam kepala tanpa khawatirakan hal lain. “Hasilnya tentu akan jelek, tapi membuat tulisan jelek merupakan langkah untuk bisa menciptakan karya masterpiece,” tuturnya, Selasa (16/5/2017).

Ia juga menambahkan bahwa menulis bukanlah suatu kegiatan instan, namun memiliki proses yang cukup panjang. Ia mengandaikan menulis seperti membangun rumah yang mana diperlukan desain, pengaturan warna apa saja yang akan digunakan, seberapa besar suatu ruangan dan lain-lain. “Tulisan yang kalian baca adalah tulisan yang telah melewati proses re-writing berkali-kali,” ungkap penulis novel Luka Dalam Bara tersebut.

Reporter: Livia Purwati

Editor: Afifah Hutria

Fotografer: Feriyanto Setiawan

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment