HomeWartaIntra KampusKemas Diskusi HIV/AIDS Serupa Warung Kopi

Kemas Diskusi HIV/AIDS Serupa Warung Kopi

Kemas Diskusi HIV/AIDS Serupa Warung Kopi

UMS, Pabelan-Online.com – Keluarga Mahasiswa (Kama), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan warga Fakultas Teknik (FT) adakan Diskusi Warung Kopi di ruang J Seminar Barat kampus 2, Rabu (17/5/2017). Diskusi yang membahas tentang Human Immunidefieciency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) ini dikemas serupa warung kopi agar materi yang hendak disampaikan dapat dipahami oleh peserta.

Sebagai ketua panitia penyelenggara, Ajik Habib Mu’sin mengatakan bahwa diskusi ini dibuat karena diskriminasi terhadap para penderita HIV/AIDS. Para penderita dikucilkan dan direndahkan di dalam lingkungan, salah satu penderita pernah melakukan aksi jalan kaki keliling Indonesia karena dikucilkan. “Peserta yang hadir bisa paham bahwa HIV/AIDS tidak seburuk yang diperkirakan, kita harus jauhi penyakitnya bukan orangnya (penderita HIV/AIDS-red),” tuturnya, Rabu (17/5/2017).

Selain dekorasi yang dibuat seperti warung kopi, ada juga penampilan semi teater saat acara berlangsung. Diskusi ini dimaksudkan untuk follow up peringatan hari HIV/AIDS setiap 1 Desember yang diperingati oleh mahasiswa FT dengan membagikan pita. “Saya berharap masyarakat bisa lebih paham mengenai HIV/AIDS, bagaimana mencegahnya, dan diskriminasi kepada para penderita bisa berkurang,” harapnya.

Acara tersebut mendapat tanggapan positif dari salah satu peserta diskusi, Alvin Dwi Wijaya yang mengatakan diskusi tersebut cukup baik. Menurut Alvin, diskusi ini memberi pengetahuan mengenai HIV/AIDS, cara pencegahannya, dan penanggulangannya. “Kita juga jadi tahu bagaimana cara menghadapi para penderita HIV/AIDS,” jelas mahasiswa program studi Teknik Mesin ini, Rabu (17/5/2017).

Reporter: Livia Purwati

Editor: Pipit Ernawati

Fotografer: Setya Adhi Wicaksana

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment