HomeHeadlineTahun Depan Maba Wajib Baitul Arqam Enam Bulan

Tahun Depan Maba Wajib Baitul Arqam Enam Bulan

Tahun Depan Maba Wajib Baitul Arqam Enam Bulan

UMS, Pabelan-Online.com – Guna membangun kader persyarikatan dan kader mahasiswa, rektor periode 2017-2021 akan menerapkan kebijakan bagi mahasiswa baru (Maba) 2018 yaitu wajib masuk pondok selama 6 bulan. Kebijakan tersebut diberlakukan mulai tahun 2018 mendatang.

Saat ditemui di sela-sela kesibukannya, Sofyan Anif memaparkan bahwa setiap mahasiswa wajib mengikuti kegiatan belajar di pondok pada tahun pertama khususnya bagi maba 2018.
“Setiap tahun UMS terima 7000 mahasiswa nantinya akan dibagi menjadi dua kloter, tetapi tidak bisa dilakukan tahun sekarang karena menyangkut ketersediaan fasilitas,” papar rektor yang baru saja dilantik tersebut, Senin (22/5/2017).

Bagi mahasiswa lama angkatan 2017 ke atas, tambahnya, akan diterapkan kebijakan baitul arqam purna studi yang dilakukan sebelum wisuda selama 4 hari. “Kebijakan ini sebagai upaya untuk membangun kader persyarikatan dan kader mahasiswa yang selama ini tidak berjalan,” tambahnya.
Reporter: Aprilia Indra Setya Pangesti & Afifah Hutria
Editor: Ritmika Serenady

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

Comments
  • Apakah pihak UMS tidak memperhatikan faktor lain dari mahasiswa dan orang tua mahasiswanya?shobron 8 hari saja habis 180.000. 6 bulan kalau dihitung senilai 5,400,000. itu bisa untuk bayar sks satu semester. ini juga memperlama masa kuliah si mahasiswanya juga, kecuali semua biaya ditanggung oleh pihak UMS. Tolong dipertimbangkan lagi dan dikaji lebih matang, menurut saya, shobron 8 hari bagi saya, sudah terbilang cukup.

    June 4, 2017
  • Apakah pihak UMS sudah mempertimbangkan lagi semisal diadakan shobron slama 6 bulan itu apakah para mahasiswa tidak keberatan dengan fasilitas yang ad di pondok shobron

    June 4, 2017
  • Ini mah pemaksaan pengkaderan yg menghawatirkan baik bagi orang tua mahasiswa dan ataupun calon mahasiswa UMS. Biarlah mahasiswa UMS ber_Muhammadiyah dengan prestasi di bidang akademik masing2. Lihatlah betapa membanggakannya mahasiswa Farmasi, Teknik dan FKIP UMS yg berhasil unggul dalam berkompetensi dengan perguruan tinggi papan atas di Indonesia. Daripada sekedar kami alumni Shobron tanpa prestasi akademik yang memadai. Sepertinya perlu pengkajian lebik lanjut atas kebijakan Rektor baru ini. Semoga target di 2021 adalah menjadi world class university bukan sekedar angan2. Jazakumullohu bi khoir. Fastabiqul khoirot…

    June 4, 2017
  • Mohon di kaji kembali keputusannya, bagaimana nasib mahasiswa yang mengulang saat sobron untuk angkatan diatas tahun 2018. Mahasiswa yg mengulang akan kesulitan dalam mengejar ketertinggalan kuliahnya saat harus menjalani baitul arqam selama 6 bulan. Jangan memaksakan kehendak bapak Rektor. Kami mengerti ini memang demi kebaikan mahasiswa. Tp tujuan kami kuliah di UMS adalah berprestasi dalam akademik dengan tidak meninggalkan kewajiban2 yang utama seperti sholat dan selalu berdoa. Semoga bapak rektor dapat mengerti dan tidak melanjuti keputasan ini.

    August 25, 2017

Leave A Comment