HomeWartaIntra KampusTerapkan Sistem Peringkat, 425 PKM Teratas Belum Tentu Lolos

Terapkan Sistem Peringkat, 425 PKM Teratas Belum Tentu Lolos

Terapkan Sistem Peringkat, 425 PKM Teratas Belum Tentu Lolos

UMS, Pabelan-Online.com – Berdasarkan Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017, sebelum PKM diunggah ke Kementerian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) terlebih dahulu perguruan tinggi melakukan proses pra-evaluasi. UMS memusatkan proses tersebut dalam satu portal yaitu simpkm.ac.id. Meskipun menerapkan sistem peringkat dalam pelaksanaannya, namun 425 PKM teratas belum tentu dinyatakan lolos lantaran selain melalui pertimbangan asas proporsional juga tetap memilih yang terbaik.

Kepala Bagian (Kabag) Penalaran Kreativitas dan Softskill, Ahmad Kholid Al Ghofari, menjelaskan berdasarkan klusterisasi yang dilakukan Kemristekdikti, UMS menempati urutan kedua dengan jumlah sebanyak 425 proposal PKM. Untuk mendapatkan jumlah 425 dari 874 proposal yang akan dinyatakan lolos, sebanyak 40 reviewer akan menilai kesesuaian administrasi, format, program dan tingkat kreativitas dari proposal yang diajukan. Selain itu, ada poin penilaian lain seperti misalnya pada PKM Kewirausahaan (PKM-K) akan mendapat nilai lebih jika terdapat analisis ekonomi. “Sebenarnya proses ini hanya mencakup kesesuaian format saja, namun kami coba masuk lebih dalam sehingga peluang lolos lebih besar,” jelasnya, Rabu (1/11/2017).

Reviewer terdiri dari dosen pembimbing yang pernah meloloskan proposal pengajuan PKM. Kholid berujar dari 425 proposal PKM  yang akan lolos, dalam pelaksanaannya dengan mempertimbangakan asas proporsional namun tetap memilih yang terbaik. “Misalkan dari FK (Fakultas Kedokteran-red) mengusulkan 100 proposal semuanya bagus, nanti lolos semua fakultas yang lain gimana?,”ujar Kholid.

Reporter: Afitasari Mulyafi

Editor: Aprilia Indra Setya Pangesti

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment