HomeInsetBeasiswaBeasiswa Alumni untuk Mahasiswa UMS

Beasiswa Alumni untuk Mahasiswa UMS

Beasiswa Alumni untuk Mahasiswa UMS

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan program pemberian beasiswa sebagai bentuk nyata sumbangsih para alumni dalam upaya mencerdaskan anag negeri. Setiap mhasiswa yang berhasil lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa penunjang prestasi sebesar Rp.400.000 per bulan yang berlaku selama satu tahun.

Sosialisasi mengenai beasiswa alumni akan diadakan selama bulan oktober-November. Untuk pendaftara akan berlangsung selama bulan Desember, sedangkan seleksi akan diadakan selama bulan Januari 2018. Pengumuman mahasiswa yang lolos dan pengadaan Memorandum of Understanding (Mou) dilakukan Februari 2018, serta sebulan kemudian digunakan untuk pencairan dana beasiswa.

Persyaratan:

  1. Mahasiswa aktif S1 atau D3.
  2. Minimal semester III dan maksimal semester VII.
  3. Mahasiswa berprestasi dengan IPK minimal 3,00.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  5. Melapirkan dokumen;
  6. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  7. Curriculum Vitae (CV).
  8. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  9. Fotokopi transkrip nilai.
  10. Slip gaji orang tua (jika ada) atau keterangan kondisi keuangan keluarga.
  11. Membuat esai terkait data pribadi, riwayat dan latar belakang keluarga, prestasi yang telah dicapai, cita-cita di masa depan dan upaya untuk mewujudkannya. Esai dibuat singkat dan jelas.
  12. Membuat esai tentang pengalaman aktivitas di organisasi Muhammadiyah atau Organisasi Otonom (Ortom) ataupun organisasi lainnya, sertakan bukti-bukti terkait seperti sertifikat, Surat Keterangan (SK), dan lain-lain.

Proses pendaftaran:

  1. Mengisi formulir beasiswa yang telah disediakan secara online dan bisa diakses di website berikut, Bagmawa UMS.
  2. Jika belum memiliki akun silahkan lakukan pendaftaran, sedangkan yang suah memiliki akun dapat melakukan log in.
  3. Berkas beasiswa yang berisi formulir pendaftaran dan dokumen lainnya dimasukkan dalam map bening yang telah diberi nama lengkap mahasiswa, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Fakultas, dan Program Studi.
  4. Berkas yang telah lengkap dikirimkan ke kantor bagian Kemahasiswaan di Gedung Induk Siti Walidah Lantai 3, paling lambat tanggal 29 Desember 2017.
  5. Seleksi dan verifikasi data akan dilakukan tim alumni dan Bagian Kemahasiswaan (Bagmawa). Hasilnya akan diumumkan pada 1 Februari 2018 atau dapat dilihat di lamat kemahasiswaan.ums.ac.id.
  6. Monitoring, evaluasi, dan pembinaan mahasiswa penerima beasiswa secara berkala akan dilakukan oleh IKA UMS dan Bagmawa.

Untuk informasi lebih detail dapat mengubungi:

Bambang Sukoco 085647415751 (WA)

Mahasri Shobahiya 08121536230

Suyatmini 081216979729

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment