HomeWartaIntra KampusGiatkan Budaya Literasi Bahasa Arab Lewat Seminar

Giatkan Budaya Literasi Bahasa Arab Lewat Seminar

Giatkan Budaya Literasi Bahasa Arab Lewat Seminar

UMS, Pabelan-Online.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) debat bahasa Arab Nadyu Al-munaqasyah Lil-lugoh Al-arabiyyah (Namlah) bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) berbahasa Arab Ar-Rasail gelar acara Mahabbah dan Seminar Nasional (Semnas), di Auditorium Moh. Djazman, Kamis (9/11/2017). Acara tersebut bertujuan memberikan semangat kepada mahasiswa dalam dunia literasi berbasis bahasa Arab.

Acara yang mengusung tema “Membangun Budaya Literasi Melalui Bahasa Arab untuk Mewujudkan Peradaban Intelektual” tersebut menghadirkan dua pembicara yaitu Ira Madan seorang penulis cerita pendek “Cahaya Cinta Pesantren” dan Saiful Aziz yang merupakan Presiden El Markazi yaitu pusat pembinaan minat atau bakat mahasiswa dalam bidang bahasa internasional dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Universitas Islam Indonesia (UII) dan koordinator umum Indonesia Arabic Debaters.

Dalam seminarnya, Ira Madan, menegaskan bahwa otak harus diberi imunisasi terkait referensi-referensi literasi yaitu dengan cara membaca dan menulis. Ia juga memberikan tips bagaimana agar penulis selalu kontinu menuangkan gagasannya tanpa takut bosan maupun berhenti pada titik tertentu. “Penulis diwajibkan disiplin dengan konsistensinya, jika mulai bosan refresh otak itu agar memperoleh inspirasi baru. Kemudian tetapkan tujuan dari menulis itu apa,” ungkap Ira, Kamis (9/11/2017).

Adapun pembicara kedua, Saiful Aziz, menuangkan gagasannya terkait pentingnya mempelajari bahasa Arab untuk umat Islam dengan menerapkan beberapa hal untuk menguasainya. “Hal-hal yang perlu diterapkan agar mampu menguasai bahasa Arab yaitu memiliki mental pejuang, memperbanyak wawasan mengenai literasi berbahasa Arab dan mengikuti kompetisi. Jangan takut gagal karena tidak ada orang yang sukses tanpa kegagalan dan perjuangan,” ujarnya, Kamis (9/11/2017).

Reporter: Anisa Cintya Putri

Editor: Aprilia Indra Setya Pangesti

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment