HomeWartaIntra KampusTiga Pemicu Dinamika Pasar

Tiga Pemicu Dinamika Pasar

Tiga Pemicu Dinamika Pasar

UMS, Pabelan-Online.com – Penggelaran Seminar Nasional (Semnas) dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (Himepa) mengusung tema Indian Ocean Rim Association (IORA), Sabtu (11/12/2017). Pada seminar tersebut dibahas mengenai aspek-aspek yang ada pada IORA maupun dinamika pasar.

Salah satu aspek IORA ialah pertumbuhan ekonomi dengan memperkuat pasar domestik, salah satunya koperasi. Menurut perwakilan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, Muhammad Taufik, tujuan utama mengembangkan koperasi adalah agar memenuhi market dari resiko ketidakpastian usaha. “Karena komposisi pengusaha mikro lebih kecil dari pengusaha makro,” ungkapnya, Sabtu (11/12/2017).

Dalam pemanfaatan aktivitas ekonomi Indonesa terdapat tiga pemicu dinamika pasar, diantaranya anak muda, ibu-ibu dan pengguna media sosial atau netizen. Tiga pemicu tersebut menjadi energi yang dibutuhkan untuk pergerakan ekonomi Indonesia. “Dari tiga pemicu tadi, pengendali rumah tangga adalah ibu-ibu,” tambahnya dengan disambut gelak tawa peserta seminar.

Taufik pun mengungkapkan terdapat kendala untuk meningkatkan kapasitas koperasi. Segi etos kerja dan soft skill Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kurang menguasai teknologi dan informasi. “Untuk soal SDM, bukan tentang kreatifnya, tapi etos kerjanya,” tambahnya.

Reporter: Hanifah Indrianti

Editor: Afifah Hutria

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment