HomeWartaIntra KampusHindari Bunuh Diri dengan Kenali Depresi Sejak Dini

Hindari Bunuh Diri dengan Kenali Depresi Sejak Dini

Hindari Bunuh Diri dengan Kenali Depresi Sejak Dini

UMS, Pabelan-Online.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi gelar “Cakruk Patrap” yang merupakan wadah diskusi ilmiah mengenai perilaku keadaan jiwa manusia, Selasa (7/11/2017). Diskusi yang diadakan di Hall Selatan Fakultas Psikologi ini menghadirkan Setya Asyanti sebagai pembicara yang merupakan psikolog dan dosen di Fakultas Psikologi.

Diskusi dengan tema “Stres Mengundang Suicide” yang berjudul “Deteksi Dini Depresi” sangat didukung oleh dekan yang turut hadir serta Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Psikologi, mengupas tuntas masalah stres yang mengundang bunuh diri. “Kita dapat mengetahui stres, depresi, serta dapat mendeteksi dan mencegahnya sedini mungkin baik pada diri kita maupun orang terdekat,” terang Setya, Selasa (7/11/2017).

Saat mengalami kesedihan yang berlarut-larut selama paling tidak 2 minggu, itu bisa dikatakan depresi. Kemudian, menjadi tidak bersemangat, mudah lelah, dan lambat dalam melakukan aktivitas. Untuk mencegah agar tidak terjadi bunuh diri, biarkan orang tersebut menceritakan masalahnya, lalu jauhkan dari benda-benda berbahaya, serta jangan tinggalkan sendiri. Dukung dengan lingkungan yang tidak memberikan cap buruk atau tekanan.

Selaku ketua panitia, Yogi Yulio menjelaskan tema kali ini dipilih karena stres pasti dirasakan oleh setiap orang, terlebih diusia muda yang memiliki banyak tuntutan dan kegiatan yang memicu stres. Diharapkan dapat menarik minat mahasiswa untuk semangat berdiskusi. “Mengingat betapa kecilnya minat diskusi, sikap individual, dan lebih suka membahas hal-hal yang sedang trend,” jelas Yogi lebih lanjut, Selasa (7/11/2017).

Reporter : Nina Anggraeni
Editor: Afifah Hutria

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment