HomeWartaIntra KampusKenali Investasi Bodong Lewat Tiga Karakter

Kenali Investasi Bodong Lewat Tiga Karakter

Kenali Investasi Bodong Lewat Tiga Karakter

UMS, Pabelan-Online.com Forum Studi Ekonomi Islam (Fosei) gelar seminar nasional mengenai pasar modal syariah di Auditorium Moh. Djazman, Selasa (21/11/2017).  Salah satu topik pembahasan dalam seminar tersebut yaitu mengenali investasi ilegal atau yang lebih dengan investasi bodong di kalangan masyarakat.

Mengangkat tema “Menanamkan Jiwa Investasi Melalui Pasar Modal Syariah Guna Mensejahterakan Umat” tersebut mendatangkan pembicara dari Indonesia Stock Exchange (IDX), Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), dan representatif Sekuritas.

Perwakilan IDX, Irwan Abdallah mengungkapkan terdapat tiga karakter investasi ilegal saat adanya penawaran oleh perusahaan investasi. Karakter tersebut pertama, keuntungan berbanding lurus dengan risiko rugi. Pasalnya, banyak perusahaan yang menawarkan investasi dengan jaminan tidak rugi. “Jika kalian ingin investasi cari untung maka kalian harus siap dengan rugi,” ujarnya, Selasa (21/11/2017).

Kedua, objek dan skema yang jelas, ketidakjelasan terhadap objek dan skema pada investasi dalam Islam disebut gharar. Gharar hukumnya haram dalam prinsip syariat. Ketiga, perusahan investasi jelas dan terdaftar oleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin perusahan investasi hanya dapat disahkan oleh OJK. “Bukan berarti perusahaan yang ada izin dari koperasi dan Perseroan Terbatas (PT) dari perseroan, yang jelas dan terdaftar. Akan tetapi, perusahaan investasi yang jelas itu, terdaftar di OJK,” tambahnya.

Reporter: Hanifah Indrianti

Editor: Aprilia Indra Setya Pangesti

 

 

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment