HomeWartaIntra KampusSosialisai Fungsi Hutan Lewat Seminar Nasional

Sosialisai Fungsi Hutan Lewat Seminar Nasional

Sosialisai Fungsi Hutan Lewat Seminar Nasional

UMS, PabelanOnline.com – Mahasiswa Muslim Pecinta Alam (Malimpa) menggelar seminar nasional bertajuk “Saatnya Hutan untuk Rakyat” di ruang seminar Gedung Induk Siti Walidah (GISW) lantai 7, Minggu (26/11/2017). Acara ini mengundang pembicara dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) serta Direktur Komunitas Mangrove Purwokorejo (Komangjo).

Selaku perwakilan dari Dirjen PSKL, Parus memaparkan bahwa pemerintah Indonesia mulai tahun 2016 telah menyediakan lahan seluas 12,7 juta hektar untuk dijadikan sebagai hutan sosial dari total 13 juta hektar hutan yang dapat dijadikan sebagai hutan sosial dari Sabang hingga Merauke. Pemerintah melalui Kementerian Sosial menggalakkan semboyan Salam Lima Jari. “Jadi, pemerintah menyediakan lima jenis hutan untuk dikelola oleh masyarakat yaitu, hutan desa, hutan kemitraan, hutan adat, hutan kemasyarakatan, dan hutan sosial,” ujarnya, Minggu (26/11/2017).

Ia mengaku bahwa kendala terbesar yang dihadapi pemerintah untuk memberikan lahan kepada masyarakat adalah minimnya animo masyarakat untuk mengurus surat perizinan mengelola hutan dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap cara kelola dan manajemen hutan. “Saat ini masyarakat tidak paham manajemen hutan, tidak berpikir melestarikan hutan, tidak paham pengajuan permohonan pengelolaan hutan,” tuturnya.

Selaku ketua panitia, Tita Yosita menginginkan seluruh peserta seminar yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa dapat menjadi garda depan dalam pelestarian hutan dan pemanfaatan hutan bagi masyarakat desa. “Saya berharap mahasiswa tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, namun juga mendukung advokasi atau wadah masyarakat desa mengelola hutan,” ucap mahasiswi program studi kesehatan masyarakat ini, Minggu (26/11/2017).

Reporter: Ahmad Hafiz Imaddudien

Editor: Livia Purwati 

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment