HomeHeadlineKurang Drainase, Pemicu Banjir UMS

Kurang Drainase, Pemicu Banjir UMS

Kurang Drainase, Pemicu Banjir UMS

UMS, Pabelan-online.com – Hujan deras dengan durasi yang tidak sebentar akhir-akhir ini mengguyur wilayah UMS dan sekitarnya. Hal tersebut acapkali menimbulkan genangan air di area kampus.  Kurangnya drainase serta meluapnya tekanan air sungai menjadi alasan utama terjadinya banjir saat musim penghujan tiba.

Diungkapkan oleh Dosen Fakultas Geografi, Kuswaji Dwi Priyono sumber banjir yang menjadi permasalahan selama ini yaitu menjamurnya bangunan indekos di sekitar kampus serta minimnya area persawahan, sehingga saat musim penghujan tiba air tidak bisa meresap ke tanah yang kemudian menimbulkan terjadinya banjir.

UMS berada di area paling rendah sehingga ketika hujan air dari perumahan mengalir ke selatan kampus dan Griya Mahasiswa menjadi titik terendah, ditambah meluapnya sungai di selatan kampus yang pas dengan belokan menimbulkan tekanan, dari sepanjang jalan di sekitar UMS yang menggunakan sistem drainase hanya di UMS saja di kampung-kampung itu hanya ada selokan kecil,” ujar Kuswaji, Kamis (23/11/2017).

Adanya drainase menjadi penting lantaran dapat meminimalisir genangan air saat terjadi banjir. Aliran yang disebabkan dari tidak meresapnya air ke tanah dapat disalurkan ke drainase yang ada. Menurutnya, dalam melakukan upaya perbaikan dibutuhkan kesinergian antara pihak kampus dengan investor perumahan-perumahan yang baru. “Tidak hanya membebankan ke kampus saja, karena mereka juga ikut diuntungkan dengan adanya kampus,” sambung Kuswaji.

Reporter: Berliana F. Prabandari
Editor: Aprilia Indra Setya Pangesti

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment