HomeSerba-serbiOpiniKebiasaan Buruk Mahasiswa Sebabkan Berat Badan Tidak Ideal

Kebiasaan Buruk Mahasiswa Sebabkan Berat Badan Tidak Ideal

Kebiasaan Buruk Mahasiswa Sebabkan Berat Badan Tidak Ideal

Zaman sekarang banyak mahasiswa yang tidak bisa mengatur pola makan dan tidur dengan baik. Dengan alasan tugas kuliah segudang, apalagi mahasiswa yang ikut organisasi sana sini. Mahasiswa pada umumnya, memiliki 3 kebiasaan buruk antara lain :

  1. Pola makan tidak teratur.
  2. Aktivitas fisik sedang bahkan ada yang berat.
  3. Hobi begadang, entah mengerjakan tugas atau menonton drama.

Kita bakalan bahas satu per satu kebiasaan buruk dari para mahasiswa ini. Yang pertama, pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan turunnya fungsi organ dan proses penyerapan zat gizi yang ada dalam tubuh kita. Alhasil sel-sel yang ada dalam tubuh kita menjadi kelaparan. Karena banyak tugas yang bikin mereka stres, juga akan merubah pola makan yang sebelumnya mereka lakukan. Ada yang memiliki pola makan yang sudah baik namun pada saat stres pola makan mereka akan meningkat dan menyebabkan mereka berisiko overweight bahkan bisa obesitas. Namun, ada pula yang awalnya memiliki pola makan yang baik pada saat stres pola makan mereka menjadi menurun dan akan menyebabkan mereka berisiko menjadi gizi kurang bahkan bisa jadi tambah kurus.

Nohh tuu, mahasiswa mana yang nggak takut tambah kurus apalagi tambah gendut. Itu tadi baru yang pertama. Ini yang kedua adalah aktivitas fisik yang sedang bahkan ada yang berat. mahasiswa mana yang betah menjadi mahasiswa “kupu-kupu”. Mahasiswa banyak yang mengikuti organisasi mulai dari organisasi daerah sampai organisasi tingkat universitas.  Apalagi kalau kita melakukan aktivitas yang ngoyo sana sini. Sering begadang juga memperlambat proses penyerapan zat gizi padahal zat gizi itu adalah sumber tenaga bagi sel-sel yang ada di tubuh kita.

Jadi kalau kita makan, sebenarnya yang kita beri makan bukan sekadar menghilangkan rasa lapar namun memenuhi asupan zat gizi untuk sel-sel yang ada di tubuh kita. Bisa bayangin kan, kalau sel-sel yang ada dalam tubuh kita itu tidak punya tenaga. Ini yang terakhir, tidak kalah pentingnya yaitu begadang. Begadang akan mengurangi lama waktu tidur. Waktu tidur normal untuk orang dewasa itu 8 jam. Banyak mahasiswa yang menyepelekan ini. Begadang hal yang sangat biasa dilakukan mahasiswa apalagi mahasiswa semester “tua”  dan mahasiswa “kura-kura” yang deadlinenya dimana-mana.  Begadang bisa memperlambat proses penyerapan zat gizi yang dilakukan di usus. Proses penyerapan ini dilakukan pada saat kita tidur. Nah, kalo kita tidurnya molor proses penyerapan juga molor. Padahal sehabis proses penyerapan ini, zat gizi baru bisa dijadikan sumber tenaga bagi sel-sel yang ada di tubuh kita.

Semua itu adalah kebiasaan buruk mahasiswa yang bisa membuat Berat Badan (BB) nggak ideal. Semoga kita bisa jadi mahasiswa yang cermat, bisa mengatur diri agar tubuh kita tetap sehat dan bisa menyelesaikan semua deadline dengan baik.

Penulis: Nofmi Damayanti

Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rate This Article

lpmpabelanums@gmail.com

No Comments

Leave A Comment