Sofyan Anif: UMS Menuju World Class University

0
156

UMS, Pabelan-Online.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali membawa pulang mendali emas dalam ajang World Invention and Technology Expo (WINTEX) yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 12-13 Maret 2018. Kejuaraan dunia ini diwakili oleh mahasiswa Farmasi dan Kedokteran Gigi dengan memperkenalkan inovasi teknologi internasional. 

Dalam acara jumpa pers, Sofyan Anif menuturkan jika pada tahun 2029 UMS akan menuju World Class University. Oleh karena itu, perlu adanya prestasi yang diunggulkan untuk  memantaskan UMS dalam predikat bergengsi tersebut. Sofyan Anif juga menambahkan jika UMS akan memberikan penghargaan baik kepada dosen maupun mahasiswa berprestasi, untuk mereka yang bisa membuat jurnal internasional. Penghargaan tersebut berupa uang tunai ataupun jaminan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Di kesempatan selanjutnya, acara jumpa pers tersebut diserahkan kepada para mahasiswa berprestasi yang berhasil mengharumkan nama UMS. Mereka berkesempatan untuk mendeskripsikan inovasi yang mereka ciptakan ke hadapan publik. Pertama dari mahasiswa Farmasi yang diwakili oleh tim Sidory , tim yang beranggotakan lima anggota yakni Bayu Aji Setiawan, Hanifatul Millh Tyas Utomo, Yusdan Yulidan Aulia Nisa, Lia Intan Citra Dewi, dan Nazih Ilham Sayunus ini memperkenalkan inovasinya yang diberi nama Simple Detector Of Mercury (SIDORY).

Tim Sidory menambahkan jika inovasi yang mereka buat berbentuk sebuah kertas yang diberi bahan dari ekstrak kunyit sebagai alat pendeteksi merkuri sederhana. “Cara kerjanya adalah dengan cara mengoleskan kosmetik ke Sidory ini, lalu diamkan beberapa menit, apabila berubah warna menjadi kecokelatan atau hitam maka kosmetik tersebut mengandung merkuri,” tutur Hanifatul Millah Tyas Utomo, pada Kamis (15/3/2018).

Selanjutnya yaitu mahasiswa fakultas Kedokteran Gigi angkatan 2015, yakni Wimmy Safaati Utsani berhasil mengantongi medali perak dalam ajang WINTEX yang diikuti oleh berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Korea, Srilanka, India, China, Mesir, Croatia, Romania, Taiwan dan United State of America (USA).

Reporter:          Berliana

Editor:              Anisa Cintya Putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here