Korelasi Ormawa FH dengan Ruang Perkuliahan FKIP

0
136

UMS, Pabelan-Online.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan Dialog Fakultas dengan tema “Salurkan Aspirasimu untuk Sejuta Perubahan Menuju FKIP yang Lebih Cakap” di Ruang Sidang FKIP, Sabtu (7/4/2018). Agenda tahunan ini ditujukan untuk memecahkan permasalahan yang ada di FKIP.

Acara tersebut diikuti oleh delegasi mahasiswa dari berbagai program studi (Prodi) yang terdapat di FKIP, BEM FKIP, dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Selain mahasiswa, agenda ini juga dihadiri Kepala Program Studi (Kaprodi) dari masing-masing prodi, serta jajaran Dekan FKIP.

Terdapat berbagai permasalahan yang telah disiapkan panitia untuk disampaikan kepada jajaran Dekan FKIP. Daftar pembicaraan tersebut seperti kegiatan belajar mengajar (KBM), sarana prasarana, informasi akademik, dan kegiatan birokrasi.

Kegiatan ini diharapkan dapat menampung aspirasi mahasiswa baik dari segi kebijakan maupun fasilitas. Ada hal yang menarik untuk disorot ketika Dialog Fakultas tersebut berlangsung yaitu mengenai permasalahan ruang perkuliahan di FKIP, terutama bagi kelas internasional Pendidikan Biologi.

Dekan FKIP, Harun Joko Prayitno menyampaikan, terdapat ruang kelas yang masih menunggu keputusan Lembaga Pengembangan Pondok Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) untuk pindah ke Gedung Induk Siti Walidah (GISW).

Selain itu, terdapat tiga ruang perkuliahan yang terdapat di GISW untuk mahasiswa FKIP. “Ada ruang kuliah di walidah (GISW-red), tapi harus satu prodi yang sama, selain itu juga kejauhan dari FKIP”, papar Harun, Sabtu (7/4/2018).

Baca Juga Menginjak Usia 54 Tahun, IMM Tampilkan “Bloemen Van Buitenzorg”

Selaku Kaprodi Pendidikan Biologi, Suparti menyampaikan sebuah pernyataan sikap mengenai kuliah kelas internasional jika dilaksanakan di GISW. Menurutnya, mata kuliah yang dilaksanakan di GISW hanya untuk mata kuliah dengan kode universitas.

“Jeda perkuliahan juga berurutan, sehingga mahasiswa akan merasa kesusahan untuk mengakses ruang perkuliahan yang berbeda-beda tersebut,” tuturnya, Sabtu (7/4/2018).

Zainul Khakim, sebagai salah satu perwakilan mahasiswa dari Pendidikan Biologi mengungkapkan, kelas internasional Pendidikan Biologi kini tidak memiliki ruang perkuliahan. Prodi ini awalnya memiliki ruang tersendiri di Gedung S, tetapi  ruangan mereka sekarang dijadikan ruang Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Geografi (FG).

Hal tersebut menimbulkan keresahan bagi mahasiswa ketika menjalankan KBM. “Ketika kuliah harus menunggu satu jam terlebih dahulu untuk bergantian ruang perkuliahan” keluh Zainul, Sabtu (7/4/2018).

 

Reporter:       Muh. Rizal Pahlevi

Editor:            Afitasari M

 

Baca Juga Jomblo, Fluktuasi Ekonomi, dan Campur Tangan Pemerintah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here