Grand Syekh Al Azhar : Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin

0
95

UMS, Pabelan-Online.com – Ahmed Mohamed Ahmed Eltayed, seorang profesor yang juga digelari Grand Syekh Al Azhar, berkunjung ke UMS untuk menyampaikan materi kuliah umum tentang Islam sebagai RahmatanLil’Alamin. Kunjungan yang diadakan di Gelanggang Olahraga (GOR) ini berhasil menarik minat mahasiswa untuk mengunjungi, Rabu (2/5/2018).

Dalam kuliah umumnya, Syekh Ahmed menjelaskan bahwa Islam diturunkan di muka bumi sebagai rahmat bagi manusia, hewan, tumbuhan, dan sebagainya. Dan seluruh yang ada di alam semesta ini senantiasa bertasbih kepada Allah, hanya saja kita tidak bisa memahami tasbih mereka.

Kemudian ia menceritakan kisah Nabi Muhammad ketika mengirim pasukan perang, nabi memberikan nasihat yang sangat urgent terhadap pasukan muslim agar tetap menghormati umat manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Nabi melarang pasukannya untuk membunuh  orang-orang lemah, buta, cacat, perempuan, orang yang sedang beribadah, dan orang yang sedang bekerja. Nabi pun melarang membuat kerusakan, seperti membakar, menghancurkan rumah-rumah, dan sebagainya.

Namun, jika kita melihat peperangan yang terjadi di zaman sekarang, peperangan tersebut telah merusak segalanya, membunuh laki-laki dan perempuan. “Kita harus membetulkan pemahaman-pemahaman seperti ini”, ungkapnya pada Rabu, (2/5/2018).

Baca Juga : Toga di Tanah Airku

Ia sangat menyayangkan pemuda Islam yang dengan mudahnya melakukan pertumpahan darah, dan melakukan hal-hal yang tidak diperkenankan dalam agama, seperti mengadu domba, melakukan perang meskipun di media sosial.

Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan, kehadiran Syekh Al Azhar tersebut merupakan kehormatan tersendiri bagi UMS. Karena tidak mudah mencari kesempatan bisa mengundang atau menghadirkannya ke tanah air mengingat kesibukan yang dimiliki.

“Kedatangan beliau (Syekh Ahmed-red) kami (pihak UMS-red) sambut dengan gembira dan sudah kami persiapkan. Kami mengundang seluruh rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Aisyiyah, dan pimpinan pesantren Muhammadiyah untuk mengikuti kuliah umum yang disampaikan beliau,” tuturnya, Rabu(2/5/2018).

Salah satu peserta kuliah umum, Muhammad Alifmenanggapi bahwa acara kuliah umum ini sangat bagus. Ia merasa apa yang disampaikan Syekh Ahmed sangat memberikan pesan bagi pemuda. “Kita harus senantiasa menjaga kedamaian, keadilan, dan saling menghormati,” tandasnya, Rabu (2/5/2018).

 

Reporter            : Rio Novianto

Editor                : Anisa Cintya Putri

 

Baca Juga : Sesal, Abdi Ketiadaan Sebuah Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here