Pelatihan Metode Riset Ungkap Perbedaan Penelitian Kualitatif dengan Kuantitatif

0
111

UMS, Pabelan-Online.com – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Pelatihan Metode Riset di Ruang Seminar Perpustakaan, Selasa (8/5/2018). Acara yang diisi oleh Haryoto, seorang dosen sekaligus peneliti di Fakultas Farmasi (FF), bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Haryoto memaparkan beberapa penggolongan jenis penelitian. Pertama, berdasarkan pendekatan yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Kemudian, berdasarkan fungsi dan tujuan yaitu penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian evaluasi, dan penelitian pengembangan. Sedangkan berdasarkan jenis metode yaitu survei korelasional, survei komparatif, eksperimen, action research, dan grounded research.

Pengertian penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, sedangkan penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu,” jelasnya, Selasa (8/5/2018).

Haryoto melanjutkan, ciri-ciri penelitian kualitatif yaitu bersifat induktif, melihat setting social dan manusia sebagai satu kesatuan, mengetahui tingkah laku manusia dari sudut pandang mereka yang diteliti, hubungan antara peneliti dengan yang diteliti bersifat interaktif dan tidak dapat dipisahkan.

Sedangkan ciri-ciri penelitian kuantitatif yaitu bersifat inferensial, mengunakan data kuantitatif yang diperoleh melalui pengukuran, mempunyai proses yang baku, fokus pada variabel, sasaran kajian adalah unit penelitian, serta menggunakan teknik statistika.

“Beberapa pendekatan dasar teori penelitian kualitatif yaitu pendekatan fenomenologis, pendekatan interaksi simbolik, dan pendekatan budaya,” tambahnya.

Dalam acara yang tidak hanya memikat mahasiswa Strata 1 (S1) saja, tetapi juga S2 ini, Haryoto juga mengungkapkan bahwa dalam melakukan sebuah penelitian pasti memiliki etika penelitian. “Peneliti itu harus jujur, objektivitas, integrasi, teliti, terbuka, dan menghargai hak atas kekayaan intelektual, serta menghargai kerahasiaan,” tegas Haryoto.

Selaku peserta, Jumiati mengungkapkan, acara Pelatihan Metode Penelitian ini sangat bagus dan menarik untuk diikuti.”Harapannya acara seperti ini diadakan lebih sering dan tempatnya yang lebih besar agar banyak mahasiswa yang dapat mengikuti acara ini,” ungkap mahasiswi Teknik Kimia tersebut, Selasa (8/5/2018).

 

Reporter         : Fajar Suryana

Editor             : Afitasari M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here