Siapakah Dekan Selanjutnya di Fakultas Psikologi?

0
80

UMS, Pabelan-Online.com – Setelah berhentinya Moordiningsih dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), kini jabatan tersebut masih menyisipkan tanda tanya besar terkait siapa penggantinya. Tentu, proses pemilihan dekan tersebut memerlukan waktu yang cukup panjang, karena perlu adanya tahap seleksi dan penyaringan dalam pemilihan dekan.

Baca juga: Dekan Baru Harapan Baru

Hertinjung, selaku Wakil Dekan (WD) I Fakultas Psikologi UMS, menyampaikan jika proses penjaringan calon dekan mengikuti prosedur pemilihan dekan dari rektorat. Proses penjaringannya pun memerlukan waktu yang cukup lama, karena harus melewati beberapa tahap penyeleksian.

Proses pertama, diawali proses penjaringan bakal calon dekan melalui rapat fakultas. Kemudian pihak fakultas akan membentuk tim ad hoc. Dari penyeleksian bakal calon dekan tersebut akan didapatkan 25 nama calon.

Baca juga: Meski Penerbitan Kampus Memprihatinkan, Sisa Dana Capai Rp 117 Juta

Proses berikutnya adalah penyeleksian 25 nama tersebut, penyeleksian pada tahap ini berupa pertanyaan mengenai kesanggupan bakal calon dekan untuk menjadi calon Dekan Psikologi. Pada tahap ini akan didapatkan dua nama yang siap diajukan ke rektorat. Fakultas akan berkoordinasi dengan rektorat, dan rektoratlah yang akan menentukan dekan terpilih Fakultas Psikologi.

“Kita tidak melakukan voting, kita tidak melakukan pemilihan apapun. Dua nama itu kita serahkan ke rektorat dan yang menentukan dekan terpilih itu rektorat,” tutur Hertinjung pada Jumat (18/5/2018).

Saat ditemui di ruangannya, Hertinjung juga menjelaskan mengenai syarat-syarat untuk menjadi bakal calon dekan. Dari segi pendidikan, bakal calon minimal berpendidikan Strata Dua (S-2) dan jabatan fungsionalnya minimal adalah lektor. Selain itu, bakal calon juga berasal dari Fakultas Psikologi.

Baca juga: Taufik Kasturi: Belum Ada Kepastian Dekan Selanjutnya

Ramadani Putri Pertiwi, selaku mahasiswa Fakultas Psikologi, menyampaikan harapannya terkait pergantian Dekan Psikologi. Ia berharap semoga dekan baru akan memberikan semangat baru bagi Fakultas Psikologi dan bisa memberikan solusi untuk masalah-masalah yang ada.

“Ya semoga dengan adanya dekan baru bisa menjadi semangat baru untuk psikologi, psikologi bisa jadi lebih baik lagi, terus masalah-masalahnya juga dapet solusi yang tepat,” ujar Ramadani pada Jumat (18/5/2018).

Reporter : Anisa Cintya Putri

Editor     : Muhammad Rizal Pahleviannur

Baca juga: Kritik Pedas Manajemen Transisi Masa Pemerintahan Pasca Soeharto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here