Prodi PBI Berlakukan Salat Duha Sebelum Kuliah

0
118

UMS, Pabelan-Online.com – Berbeda dengan dosen lain yang menerapkan pembiasaan sebelum mengawali pembelajaran dengan membaca Alquran, salah satu dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerapkan pembiasaan baru. Pasalnya pembiasan tersebut adalah dengan melaksanakan salat duha terlebih dahulu sebelum memulai perkuliahan.

Markamah, salah satu dosen yang terdapat di Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), menerapkan kontrak belajar dengan melakukan salat duha sebelum memulai mata kuliah. Ia menerapkan hal ini kepada kelas-kelas yang ia ampu pada jam ke 1-2 dan 3-4.  Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, pelaksanaannya sendiri dilakukan di ruang kelas dengan menggelar tikar yang telah disediakan oleh Prodi PBI.

Salah satu mahasiswa Prodi PBI, Tri Wahyuningsih, dirinya menjelaskan hal tersebut sudah dibahas pertama kali masuk kuliah pada semester genap ini. Ia dan teman-teman kelasnya telah sepakat dengan kontrak belajar yang diajukan oleh salah satu dosennya untuk melaksanakan salat duha sebelum memulai kegitan kuliah pada jam tersebut. Menurutnya semenjak disepakati, pelaksanaan salat duha telah bejalan rutin hingga sekarang. “Selama satu semester ini sih, setiap pertemuan pasti ada salat duha, soalnya kan kami di jam pertama,” jelasnya, Sabtu (26/5/2018).

Menanggapi hal tersebut, selaku Kepala Prodi (Kaprodi) PBI, Yakub Nasucha, mendukung hal yang dilakukan oleh salah satu dosen di Prodinya. Menurutnya, hal tersebut disarankan karena UMS sebagai universitas berbasis Islam harus melakukan inovasi termasuk melakukan salat duha sebelum mulai kegiatan perkuliahan.

Akan tetapi pihak Kaprodi tidak mewajibkan semua dosen melakukan hal yang sama, hanya saja pihaknya telah memfasilitasi sarana dan prasana untuk menunjang terselenggaranya kegiatan tersebut. “Jadi PBI itu mempunyai program kreatif yang berbeda dengan Prodi lain,” ujarnya, Kamis (24/5/2018).

Baca juga: Fakultas Teknik Imbau Mahasiswa Salat Berjemaah di Masjid

Reporter               : Muhammad Sukma Aji

Editor                    : Muhammad Rizal Pahleviannur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here