Shobron Bakery, Implementasi Jiwa Entrepreneur Santri

0
108

UMS, Pabelan-Online.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah merintis usaha pengolahan roti yang bernama Shobron Bakery. Program yang terwujud melalui Santripreneur 2018 ini beroperasi di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran.

Selaku Pembina Pondok Shabran, Furqon Mawardi menerangkan, usaha ini bermula saat mendapat informasi dari pusat (UMS-red), bahwa Kemenperin tengah gencar melaksanakan program yang bertujuan menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan santri pondok pesantren. Setelah itu pihaknya berinisiatif mengajukan proposal kepada Kemenperin, “Proposal kami ditanggapi, lalu tim survei datang untuk melihat pondok dan kondisi ruangan,” terangnya, Sabtu (21/7/2018).

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis pada saat penyelenggaraan Seminar Program Penumbuhan Wirausaha Baru di Gelanggang Olahraga (GOR) (21/5/2018). Dalam acara tersebut, selaku Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto memberikan satu set mesin pengolahan roti dan produksi mi serta bimbingan teknis untuk Pondok Shabran. Sebelumnya, tenaga produksi dari Shobron Bakery juga mendapat pelatihan selama sepekan, mulai dari membeli bahan, produksi, sampai pemasaran.

Selaku Manajer Produksi, Kholid Ramadhan mengakui, untuk saat ini Shobron Bakery belum mendapat sertifikasi halal dan baru mengurusnya. Hal itu yang membuat Shobron Bakery belum berani menembus pasar lebih jauh. Slogan Shobron Bakery berbunyi “Anda membeli, Anda bersedekah”. “Keuntungan dari usaha ini sebagian disisihkan untuk Pondok,” ungkap Kholid ketika disinggung arti slogan tersebut, Sabtu (21/72018).

Sampai saat ini, Sobron Bakery dikelola pengurus pondok, ibu-ibu Aisyiyah, pengajar, dan mahasiswa. Setiap hari Shobron Bakery menerima pesanan sedikitnya 100 bungkus dengan rasa yang beraneka ragam seperti, Choco Cheese, Kaya Bun, Beef Pizza, Butter Chesee, dll. Harga per bungkus berkisar antara Rp 2.500 sampai Rp 5.000,-.

 

Reporter           : Rio Novianto

Editor               : Afitasari M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here