Mahasiswa FP Lolos Pengabdian Masyarakat di Malaysia

0
51

UMS, Pabelan-Online.com – Indah Kusumawati, mahasiswi Fakultas Psikologi (FP) menjadi salah satu delegasi yang lolos seleksi untuk melakukan pengabdian masyarakat di Malaysia. Kegiatan tersebut akan dimulai dari tanggal 15-18 Agustus 2018 mendatang.

Kegiatan pengabdian mayarakat yang dimaksud yaitu kegiatan sosial guna mendidik anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dengan pendekatan akhlak serta menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme. Sekolah untuk anak-anak TKI ini berdiri dilatarbelakangi kondisi anak-anak TKI yang tidak memiliki hak di Malaysia.

“TKI di Malaysia yang melahirkan di sana tidak diterima sehingga tidak diakui sebagai WNM (Warga Negara Malaysia-red), jadi mereka tidak bisa mendapat identitas akta dan mau mengurus paspor pun tidak bisa untuk itu mereka tidak bisa kembali ke Indonesia,” papar Indah, Sabtu (4/8/2018).

Indah pun mengungkapkan awal mula dirinya mengikuti seleksi pengabdian masyarakat tersebut. Tahap pertama pada seleksi administrasi dan esai terpilih 100 orang dari 1000 pendaftar selanjutnya dilakukan tes wawancara hingga Indah berhasil menduduki peringkat 17 dari 35 delegasi yang lolos untuk dikirim ke Malaysia.

Indah berharap dengan pengabdian masyarakat ini anak-anak TKI di Malaysia dapat menerapkan pelajaran terkait patriotisme dan nasionalisme sehingga lebih mengenal dan mencintai Indonesia. “Pengalaman baru untuk saya mengajar di negara lain notabene anak-anak TKI yang lingkungannya berbeda dengan di sini, saya sangat senang dapat mengabdi di sana,” ujar Indah mahasiswi semester VII tersebut.

Rasa ikut bangga menyelimuti Niken, mahasiswi FP, menurutnya pengabdian yang dilakukan rekannya tersebut sangatlah mulia dan bermanfaat. “Sangat bangga, semoga ilmu psikologi yang diperoleh di sini dapat diaplikasikan di sana, anak-anak TKI di Malaysia juga memiliki hak untuk mengenal Indonesia,” ujarnya, Senin (6/8/2018).

Reporter          : Aprilia Indra S.P

Editor               : Sukma Aji

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here