Mahasiwa Farmasi Raih Juara 1 LKTI

0
142

UMS, pabelan-online.com – Mahasiswa Farmasi berhasil meraih juara pertama dalam acara Research of Apllied Chemistry Competition tingkat nasional dalam rangka Lomba Karya Tulis Ilmiah(LKTI) di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dari setiap perwakilan universitas negeri maupun swasta pada tanggal 29 Agustus – 2 September 2018.

Tim yang terdiri dari tiga orang berhasil menyaingi unversitas  baik di negeri maupun di swasta dalam bidang LKTI. Mahasiswa tersebut ialah Hidayaturrizqika Maulida, Nadiyah Al Aufa, Wahyu Nur H dengan mengambil sub tema  sesuai yang dikuasai dalam bidangnya untuk mengikuti LKTI. ”Mereka menyediakan enam, ada ekonomi, lingkungan. Dan kami memilih di bidang kesehatan” ujar Lida, Rabu(5/8/2018).

Disampaikan oleh Wahyu dalam proses terhadap menguji bahan dalam LKTI tidaklah mudah. Perlu adanya pengujian berulang untuk mendapatkan formula terbaik. Terdapat unsur-unsur yang harus di pertimbangkan untuk mendapakan hasil yang sesuai diharapkan. Sebelum mengikuti lomba, pengujian sudah  diterapkan ke masyarakat untuk menguji apakah sudah layak atau masih ada kekurangan yang di perbaiki.”Banyak pengujian, ada hipositas, massa jenis, ph yang paling penting,” tutur Wahyu, Rabu(5/82018).

Mahasiswa farmasi yang dibimbing oleh Erindyah  selaku Wakil Dekan (WD) 1  Farmasi. Dosen tersebut membimbing dengan  mengajari ilmu  tentang formula, teknis, dan bentuk luaran kemasan yang disusun  untuk mendukung proses pembuatan sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Dengan adanya dukungan dosen  pembimbing, mahasiswa farmasi tersebut akan cukup terbantu menyelesaikan masalah teknis. Dari dosen pembimbing sendiri mengharapakan adanya generasi selanjutnya setelah diadakan LKTI ini.

Lida, selaku anggota termuda diantara kelompoknya bersemangat karena kegiatan ini merupakan pengalaman pertama dalam tingkat nasional. Ia juga mendapatkan juara pertama degan temannya yang berbeda angkatan. Sementara itu, gelar best presentation dari Universitas Diponegoro dan best exbihition dari Universitas Ma Chung.

Reporter: Aji

Editor: Afitasari M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here