Kupas Makna Shiratal Mustaqim Bersama Takmir Sudalmiyah Rais

0
495

UMS, pabelan-online.com – Lafal shiratal mustaqim pada surah al-fatihah dibahas pada kajian tafsir tematik dengan tujuan sebagai ladang dakwah bagi mahasiswa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh takmir Masjid Sudalmiyah Rais Kampus 2 ini turut mengundang Ustaz Tamim Aziz.

Pembicara yang merupakan alumni dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) tersebut menyampaikan penjelasan mengenai makna lafal shiratal mustaqim, seperti  makna kitabullah, agama Islam, jalan petunjuk menuju agama Allah SWT, dan jalan menuju surga.

Ustaz Tamim Aziz yang juga selaku dosen Fakultas Agama Islam (FAI) tersebut mengupas kandungan ayat pada surah al-fatihah yang merupakan surah pertama dalam Alquran.

“Karena kami ingin memulai kajian dari awal, maka kajian ini dimulai dari tafsir surah al-fatihah,” tutur Ajik Habib, selaku panitia kegiatan, Selasa (18/9/2018).

Kajian yang membahas pada surah al-fatihah ayat enam tersebut bertujuan untuk menambah wawasan tentang ilmu tafsir pada mahasiswa.

Kurangnya minat mahasiswa untuk menghadiri, berpartisipasi, dan menimba ilmu tafsir di kajian ini menjadi salah satu kendala. Ajik berharap kajian ini bisa istikamah, terus berlanjut, dan jemaah semakin banyak.

Sementara itu, selaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Afrizal Gusti Darmawan mengungkapkan alasannya mengikuti kajian sore ini. “Saya sangat tertarik untuk mengikuti kajian sore ini karena bisa menambah wawasan ilmu akhirat, mencari pahala, dan mencari teman yang mempunyai pikiran sejalan,” ungkapnya.

Afrizal juga berkomentar tentang kajian sore tafsir tematik ini sangat menarik, berkualitas, dan bisa dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya tentang pemahaman tafsir al-quran.

 

Reporter         : Mg_Berlin, Mg_Fadil, Mg_Erlin

Editor             : Muhammad Rizal Pahleviannur