Dosen 50% Doktor, Raih Nilai Tertinggi Se-Indonesia

0
155

UMS, Pabelan-online.com Program Studi (Prodi) S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), kembali terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu, fakultas ini berhasil memperoleh nilai tertinggi se-Indonesia dengan total nilai 383 point.

Selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Mauly Halwat Hikmat, menuturkan bahwa merupakan hal yang wajar prodinya dapat mempertahankan akreditasi A. Disebabkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang meningkat, yaitu 50% dosennya sudah bergelar Doktor dan tujuh diantaranya merupakan lulusan Luar Negeri. ”Selain itu, kami (Prodi Bahasa Inggris-red) telah mengarah pada pencapaian Sembilan Indikator Prodi,” tuturnya, Selasa (2/10/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa persiapan untuk akreditasi ini telah dilakukan lebih dari 6 bulan. Di mulai dari pengajuan akreditasi, kemudian evaluasi data-data agar sinkron. Dalam proses akreditasi ini beberapa mahasiswa dipilih untuk membantu dosen dalam mengumpulkan dokumen fisik “Sebenarnya yang paling berperan dalam proses akreditasi ini adalah kontribusi mahasiswa dalam perlombaan, keaktifan Karya ilmah, serta kerjasama tim dengan dosen,” terangnya.

Salah satu mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris, Fais Setyo Wardhani, mengungkapkan bahwa dampak akreditasi ini terhadap mahasiswa, salah satunya adalah dapat meningkatkan semangat belajar. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi daya saing dalam mencari pekerjaan setelah lulus. ”Saya berharapnya dari Prodi Bahasa Inggris program ke-Islam lebih ditekankan lagi. Sedangkan untuk fasilitas listening maupun reading, serta laboratorium Bahasa Inggris pun sudah bagus dan memadai,” Ungkap Fais, Selasa (2/10/2018).

Reporter              : Mg_Riska, Mg_ Jabal

Editor                    : Kartika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here