Permudah Transaksi, Perpustakaan Canangkan Whatsapp Gateway

0
68

UMS, pabelan-online.com – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah aplikasi baru demi mempermudah mahasiswa dalam bertransaksi. Hanya dengan Whatsapp (WA) Messenger, mahasiswa bisa menyelesaikan transaksi mereka tanpa perlu datang ke perpustakaan.

Selaku staf Information Technology (IT) Perpustakaan UMS, Bani, membenarkan bahwa perpustakaan UMS telah menambah aplikasi baru untuk mempermudah transaksi. Kerja aplikasi tersebut mirip seperti short message service (SMS) gateway. “Kita (perpustakaan-red) sudah punya SMS gateway sebelumnya, kemudian kita kembangkan android, kemudian yang terbaru whatsapp gateway,” tuturnya, Rabu (3/10/2018).

Aplikasi tersebut akan diresmikan sekitar bulan Oktober sampai November tahun ini. Bani menjelaskan bahwa kendala terbesarnya adalah koneksi internet. Hal tersebut karena pelayanan tidak bisa berjalan ketika koneksi tidak stabil.

Pembuatan aplikasi tersebut bertujuan untuk mengefisienkan penggunaan pulsa. Selain itu, aplikasi ini dapat mempermudah urusan transaksi di perpustakaan. Sejauh ini perpustakaan belum memerlukan biaya dalam pengoperasian aplikasi tersebut karena masih dalam masa percobaan.

Rizkiningtyas Saraswati, mahasiswi dari program studi (Prodi) Akuntansi, mengungkapkan bahwa aplikasi ini sangat bagus dan berguna untuk mahasiswa UMS.  “Mahasiswa bisa tahu tentang informasi buku dan mempermudah mahasiswa lain jika mau meminjam buku,” tuturnya, Jumat (5/10/2018).

Tidak senada dengan Rizkiningtyas, Amelia Putri Indriani mahasiswi dari prodi Akuntansi mengeluhkan kekurangan dari aplikasi ini. “Sayangnya buat mahasiswa baru harus punya kartu perpustakaan sendiri, kalau tidak mempunyai kartu tersebut tidak bisa login,” ungkapnya, Jumat (5/10/2018).

Reporter         : Mg_Salsa dan Mg_Pendi

Editor             : Hanif Afifah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here