Lulusan Manajemen dan Akuntasi Tidak Lagi Bergelar S.E

0
302

UMS, pabelan-online.com Mulai tahun ini, lulusan mahasiswa dari program studi (Prodi) Manajemen dan Akuntansi tidak lagi menggunakan gelar Sarjana Ekonomi (S.E). Selepas prosesi wisuda, kini mahasiswa akan menyandang  gelar Sarjana Manajemen  (S.M) untuk Prodi Manajemen dan Sarjana Akuntansi (S.A) untuk Prodi Akuntansi.

Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen, Imronudin menuturkan bahwa perubahan ini hanya untuk memperjelas gelar yang ada di Ekonomi. Sebelumnya, semua prodi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memiliki gelar yang sama yaitu S.E.

Menurutnya, perubahan gelar ini tidak  akan berpengaruh pada lapangan pekerjaan. Perubahan ini hanya untuk memperjelas nama lulusan pada gelar. “Harapannya lebih jelas dan spesifik sehingga perusahaan yang mencari lulusan Ekonomi lebih paham mana yang lulusan Akuntansi, Manajemen ataupun Ekonomi Pembangunan,” ungkap Imronudin, Rabu (11/10/2018).

Perubahan gelar ini merujuk pada  Surat Keputusan (SK) Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia Nomor 154/M/KPT/2014 tentang ilmu pengetahuan dan teknologi serta lulusan perguruan tinggi.Perubahan ini berlaku bagi setiap universitas di Indonesia.

Implementasi aturan tersebut belum sepenuhnnya menyeluruh di semua universitas. Bahkan di kalangan mahasiswa sendiri masih merasa asing dengan perubahan tersebut lantaran kurangnya sosialisasi. Di UMS sendiri perubahan tersebut baru diterapkan pada wisuda bulan lalu.

Mahasiswa Manajemen, Rizkiawan Andi Wijaya mengapresiasi kebijakan baru tersebut lantaran dinilai gelar lulusan menjadi lebih terperinci dan spesifik. “Harapannya dengan perubahan gelar ini tidak akan memengaruhi ataupun mempersempit lapangan pekerjaaan lulusan Ekonomi,” Selasa (10/10/2018).

Reporter           : Mg_Ayu, Mg_Alfrisa, Mg_Mustari

Editor               : Lia Lesmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here