Dari India, Mahasiswi Ini Kalungi Medali Perak

0
105

UMS, pabelan-online.com – Mahasiswi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berhasil meraih medali perak dalam ajang 4th Asian Pencak Silat Championship 2018 di  Srinagar, India Senin – Rabu (1-3/10/2018) lalu. Kejuaraan tersebut  diikuti oleh sekitar 250 peserta dari sepuluh negara di Asia.

Dela Kusumawati mahasiswa POR FKIP sebelumnya telah menjuarai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) 2017 di Makasar. Inilah yang membuatnya memiliki kesempatan untuk bertanding di ajang internasional tersebut. Kesuksesan Dela tak luput dari usaha dan kerja kerasnya serta peran sang pelatih Nur Subekti yang juga merupakan Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Olahraga.  “Mengikuti kejuaraan di India itu sudah terprogram sama pelatih saya,” ujar Dela (11/9/2018).

Dela berhasil membuktikan kemampuanya dengan menaklukan lawan-lawan kuat. Dibabak perempat final Dela berhasil mengalahkan pesilat asal Malaysia, yang merupakan peraih medali emas Southeast Asia Games (SEA) Games  tahun lalu. Sementara dibabak semifinal berhasil menakhlukan tuan rumah, India dengan skor telak 5-0. Namun, di babak  final  Dela harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor akhir 4-1. “Vietnam itu ibaratnya musuh bebuyutan dikelas saya, dan beliau pernah menjadi juara SEA Games 2015,” paparnya.

Dela menjelaskan bahwa keberangkatannya ke India sempat mengalami kendala visa yang menyebabkan 39 atlet yang bertanding harus diberangkatkan dalam tiga kloter. Selain itu, beberapa atlet dari dua  nomer yang tidak ikut dipertandingkan karena datang terlambat. Kendala lain yang datang  yaitu mengenai faktor suhu. “Disana  suhunya mencapai 8 derajat jadi sebelum saya  bertanding saya harus lari dulu, harus pemanasan ekstra bisa keringetan bisa panas baru mulai bertanding,” tuturnya.

Kabar perolehan medali perak diajang tersebut juga disambut gembira oleh para mahasiswa. Seperti yang diungkapkan oleh Anastya, mahasiswi Fakultas Psikologi. “Senang dan bangga itu pasti, karena dia bisa meraih medali perak diajang berkelas internasional, dan saya juga berharap tidak hanya diajang pencak silat saja, tetapi juga yang lainnya,” tuturnya, Jumat (12/10/2018).

Reporter           : Mg_Ani, Mg_Nisrina

Editor               : M. Sukma Aji

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here